eprintid: 68798 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/87/98 datestamp: 2024-11-18 07:44:17 lastmod: 2024-11-18 07:44:17 status_changed: 2024-11-18 07:44:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Naufal Hawari, NIM.: 20104020020 title: KITAABU QAWAA’IDI AL-IMLAA’ LI AS-SYAIKH ‘ABDU AS-SALAM MUHAMMAD HAARUUN (Dirasah Tahliiliyyah Min Naahiyyati al-Maaddati) ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: analisis materi; buku ajar; imla’; Bahasa Arab note: Pembimbing: Nurul Huda, S.S.,M.Pd.I abstract: Buku ajar merupakan salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran bahasa dan sekaligus dapat menjadi salah satu penyebab buruknya perkembangan pembelajaran bahasa. Banyaknya buku ajar yang beredar di masyarakat membuat peneliti tertarik untuk melakukan analisis materi pada buku ajar yang banyak digunakan. Adapun empat unsur penting dalam teori analisis buku ajar menurut W. F. Mackey, yaitu Seleksi, Gradasi, Presentasi dan Repitisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian teori W. F. Mackey dari segi materi serta mendeskripsikannya melalui segi Seleksi, Gradasi, Presentasi dan Repitisi. Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Objek sekaligus sumber data penelitian ini berupa buku ajar, yaitu kitab Qawaa’idul imla’ karya Syekh Abdus Salam Muhammad Harun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab ini belum sepenuhnya memenuhi standar penulisan buku ajar menurut teori W. F. Mackey. Ditinjau dari aspek seleksi, sudah memuat seluruh aspek seleksi (frequency, range, availability, dan learnability). Ditinjau dari aspek gradasi, menggunakan jenis gradasi lurus berdasarkan kategori kebahasaanya. Ditinjau dari aspek presentasi, penyampaian materi kitab belum menggunakan seluruh prosedur presentasi (diferensial, ostensive, pictorial, dan konteks). Ditinjau dari aspek repetisi, kitab memuat pengulangan berupa kaidah dan contoh, namun tidak terdapat latihan-latihan soal sebagai bahan evaluasi materi. date: 2024-05-28 date_type: published pages: 122 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Naufal Hawari, NIM.: 20104020020 (2024) KITAABU QAWAA’IDI AL-IMLAA’ LI AS-SYAIKH ‘ABDU AS-SALAM MUHAMMAD HAARUUN (Dirasah Tahliiliyyah Min Naahiyyati al-Maaddati). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68798/1/20104020020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68798/2/20104020020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf