TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. ID - digilib68840 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68840/ A1 - Nadila Inayah Hayati, NIM.: 20104010083 Y1 - 2024/08/26/ N2 - Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Masih terdadapat hasil ulangan harian siswa yang masih memperoleh nilai dibawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor instrumental berupa pemanfaatan media pembelajaran. Sejauh ini, media pembelajaran PAI-BP masih terbatas pada pemanfaatan buku ajar berbasis teks sebagai satu-satunya sumber belajar dan belum mengintegrasikan teknologi. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diterapkan adalah fitur-fitur yang tersedia pada media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pemanfaatan fitur-fitur pada media sosial Instagram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP serta menganalisis seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain post-test only with nonequivalent design. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman yang berjumlah 36 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi prosedur pemanfaatan fitur Instagram sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dengan bentuk post-test. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif menggunakan tabel dan diagram serta teknik statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik, yakni uji independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan fitur Instagram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP dengan perolehan nilai thitung 2,387 (> ttabel 1,994) dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,010 (p < 0,05). Hasil belajar siswa yang memanfaatkan fitur Instagram memiliki nilai rata-rata ( PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - fitur instagram; hasil belajar; PAI-BP M1 - skripsi TI - PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN AV - restricted EP - 225 ER -