%0 Thesis %9 Skripsi %A Bayu Aji Amirullah, NIM.: 20104050044 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68841 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K electronic LKPD; Physics Experiment Lab School Application; kualitas produk %P 168 %T PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN APLIKASI PHYSICS EXPERIMENT LAB SCHOOL PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH DI BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68841/ %X Salah satu bentuk dari media pembelajaran di dunia pendidikan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang masih berbentuk fisik yang berupa hard file kurang fleksibel untuk dibawa kemana saja, maka dikembangkannya LKPD elektronik yang berbentuk soft file yang fleksibel. LKPD elektronik bisa dipadukan dengan aplikasi yang ada di smartphone seperti aplikasi praktikum virtual yang mendorong peserta didik untuk praktikum tanpa harus ke laboratorium. Contoh dari aplikasi tersebut yaitu aplikasi Physics Experiment Lab School. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan E-LKPD dengan Aplikasi Physics Experiment Lab School pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls untuk Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah di Bantul, (2) mengetahui kelayakan pengembangan E-LKPD dengan Aplikasi Physics Experiment Lab School Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Untuk Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah di Bantul, dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan pengembangan E-LKPD dengan Aplikasi Physics Experiment Lab School pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls untuk Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah di Bantul. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan model 4D (Thiagarajan), meliputi tahap Define, tahap Design, tahap Develop, dan tahap Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Lembar penilaian menggunakan skala Likert dengan 5 skala penilaian. Sedangkan angket respon untuk 30peserta didik menggunakan skala Guttman dengan 2 skala yaitu setuju dan tidak setuju pada angket respon. Hasil penelitian berupa (1) Menghasilkan E-LKPD dengan Aplikasi Physics Experiment Lab School Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Untuk Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah di Bantul (2) Kualitas E-LKPD dengan aplikasi Physics Experiment Lab School yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) (3) Respon dari peserta didik setuju sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. %Z Pembimbing: Ari Cahya Mawardi, M.Pd.