eprintid: 68848 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/88/48 datestamp: 2024-12-04 04:01:59 lastmod: 2024-12-04 04:01:59 status_changed: 2024-12-04 04:01:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Ibnu Febriansyah, NIM.: 20102040080 title: IMPLEMENTASI PELAYANAN IBADAH UMRAH PADA PROGRAM UMRAH PLUS TURKI DI PT. MEIDA WISATA MAKASSAR SULAWESI SELATAN ispublished: pub subjects: 297.352 divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: ibadah umrah; kepuasan pelanggan; biro penyelengaraan haji dan umrah note: Pembimbing: H. Muhammad Irfai Muslim, S.Pd., M.Si. abstract: Ibadah umrah merupakan pilihan alternatif bagi jemaah yang belum berkesempatan untuk berhaji ke tanah suci. Dari tahun ke tahun jemaah umrah semakin meningkat, hal ini menjadi perhatian bagi biro penyelenggara untuk memberikan tawaran yang menarik dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Begitu pula dengan PT. Meida Wisata Makassar yang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dalam memberikan pelayanan kepada jemaahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan yang diberikan PT. Meida Wisata Makassar kepada Jemaah umrah pada ibadah umrah program plus Turki berdasarkan dimensi Pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dalam penelitian ini, menguji pada kredibilitas data dengan menggunakan metode triangulasi. PT. Meida Wisata Makassar telah berhasil menerapkan dimensi kualitas pelayanan dalam program Umrah Plus Turki secara efektif. Melalui kehandalan dalam memenuhi ekspektasi jemaah, daya tanggap terhadap kebutuhan dan keluhan, jaminan keamanan dan kenyamanan, kualitas bukti fisik yang terjaga, serta empati terhadap kebutuhan jemaah, perusahaan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Hal ini memperkuat reputasi PT. Meida Wisata Makassar sebagai biro penyelenggara umrah yang profesional, terpercaya, dan berkomitmen tinggi dalam memenuhi kebutuhan jemaah secara menyeluruh. date: 2024-08-30 date_type: published pages: 114 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Ibnu Febriansyah, NIM.: 20102040080 (2024) IMPLEMENTASI PELAYANAN IBADAH UMRAH PADA PROGRAM UMRAH PLUS TURKI DI PT. MEIDA WISATA MAKASSAR SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68848/1/20102040080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68848/2/20102040080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf