eprintid: 68858 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/88/58 datestamp: 2024-12-06 07:25:23 lastmod: 2024-12-06 07:25:23 status_changed: 2024-12-06 07:25:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Az Zahra Diena, NIM.: 20104010036 title: PENGARUH PEMANFAATAN GAME GIMKIT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: motivasi belajar; Game Gimkit; Baca Tulis Al Quran (BTA) note: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum. abstract: Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh penggunaan Gimkit dalam meningkatkan motivasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) siswa. Latar belakang penelitian ini dikarenakan rendahnya motivasi belajar BTA siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Trucuk. Gimkit, sebagai salah satu media pembelajaran berbasis game, diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk uji validitas, rumus Alfa Cronbach untuk uji reliabilitas, serta uji independent samples t-test untuk uji hipotesis. Proses pembelajaran BTA kelas VII di MTS Muhammadiyah Trucuk tahun ajaran 2023/2024 dengan game Gimkit sudah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran yang telah dibuat. Berdasarkan hasil observasi, siswa terlihat lebih antusias untuk belajar BTA dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata angket dari 74,63 menjadi 79,67dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan uji Independent Samples T-Test, diperoleh nilai Signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Gimkit. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. date: 2024-09-04 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Az Zahra Diena, NIM.: 20104010036 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN GAME GIMKIT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68858/1/20104010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68858/2/20104010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf