eprintid: 68859 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/88/59 datestamp: 2024-12-06 07:30:18 lastmod: 2024-12-06 07:30:18 status_changed: 2024-12-06 07:30:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Novaria Intan Nabilla, NIM.: 20104010076 title: INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA N 1 PRAMBANAN, SLEMAN ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: integrasi; pembelajaran PAI; nilai-nilai multikultural note: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum. abstract: Peserta didik SMA N 1 Prambanan, Sleman memiliki keragaman dari berbagai segi. Apabila keragaman tersebut tidak dikelola dengan baik maka berpotensi konflik. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut berupaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMA N 1 Prambanan, Sleman. Adapun yang menjadi informan penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas XI. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA N 1 Prambanan, Sleman dilakukan pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Hal yang membedakan dengan sekolah lainnya yaitu guru memanfaatkan media audio visual seperti youtube sebelum pembelajaran untuk meningkatkan multikulturalisme peserta didik. Nilai-nilai multikultural yang sering diintegrasikan yaitu nilai kesetaraan dimana guru tidak membeda-bedakan peserta didik, nilai toleransi ditunjukkan dengan sikap peserta didik yang saling menghargai perbedaan, dan nilai kebersamaan terlihat ketika peserta didik saling membantu satu sama lain. 2) Tantangan dan hambatan yang harus dihadapi guru, diantaranya keterampilan guru, psikologi peserta didik, kurangnya wawasan peserta didik, dan kurangnya waktu pembelajaran. 3) Adapun manfaat dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran, diantaranya peserta didik mampu hidup dalam perbedaan, memiliki perilaku saling tenggang rasa, saling menghormati, dan peserta didik mampu bekerjasama dengan baik ditengah-tengah perbedaan yang ada. date: 2024-09-03 date_type: published pages: 162 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Novaria Intan Nabilla, NIM.: 20104010076 (2024) INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA N 1 PRAMBANAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68859/1/20104010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68859/2/20104010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf