%A NIM.: 05130061 Muhammad %O Pembimbing: Nurdin Laugu. S. Ag., SS., MA. %T PENGELOLAAN OTOMASI DI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %X Sejak satu dasawarsa yang lalu bangsa Indonesia telah meningkatkan upaya pengembangan perpustakaan yang di tandai dengan berdirinya Perpustakaan Nasional pada tahun 1980 dan makin berkembangnya perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi, di kantor kantor, sekolahsekolah, pusat-pusat studi dan penelitian serta di masjidmasjid, sampai ke desa-desa di seluruh tanah air. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana perbedaan perpustakaan yang menggunakan sistem menual dan menuju sistem otomasi dalam pengelolaan. Dalam metode ini penulis mengamati keadaan di perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dan terjun secara langsung membantu pelaksanaan proses pengelolaan bahan pustaka dan pengelolaan otomasi. Kemudian memahami dan mencatat data program kerja setiap hari pelaksanaan yang ada sebagai bahan penulisan laporan. Kebijakan pengelolaan otomasi di Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta di lakukan secara langsung oleh Kepala Perustakaan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarat. %K Otomasi Perpustakaan, Pustakawan, Perpustakaan Sekolah %D 2008 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68869