eprintid: 68870 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/88/70 datestamp: 2024-12-11 07:27:20 lastmod: 2024-12-11 07:27:20 status_changed: 2024-12-11 07:27:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Supriyono, NIM.: 04132012 title: PELAYANAN PRIMA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 025.5 divisions: jur_ipid3 full_text_status: restricted keywords: Pelayanan Prima, Layanan Konsumen, Layanan Peduli Pelanggan note: Pembimbing: Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA. abstract: Selama ini sebagian pustakawan masih mengabaikan aspek pelayanan kepada pengguna perpustakaan. Pustakawan beranggapan jika perpustakaan yang dikelola sudah di kenal masyarakat/pengguna maka dengan otomatis tidak butuh lagi yang namanya pelayanan prima/pelayanan yang memuaskan. (Barata, Atep Adya. 2006 : 4). Pustakawan lupa bahwa keinginan dan tingkat kepuasan para pengunjung perpustakaan selalu berubah. Pustakawan juga lupa bahwa sebagian perpustakaan lain justru bersaing dan berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung perpustakaan. Kita harus sadar bahwa pengunjung adalah sumber utama bagi kelangsungan perkembangan perpustakaan. Tanpa adanya pengunjung/Pengguna perpustakaan, maka perpustakaan tersebut tidak akan ada artinya, jangankan utuk berkembang, bahkan berjalan saja tidak. (Barata, Atep Adya. 2006 : 4). Penulis setuju dengan apa yang dikatakan Atep Adya Barata dalam buku Dasar‐dasar Pelayanan Prima ”sebagian orang masih mengabaikan aspek pelayanan pada pelanggan” hal ini dapat penulis lihat dan rasakan di laboratorium perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sulit rasanya untuk mendapatkan pelayanan prima xvii disini. Jangankan untuk memberikan pelayanan prima, devinisi dan konsep pelayanan prima saja masih banyak yang belum faham. Untuk itu ironis sekali bila lembaga yang bergerak dalam bidang layanan kepada masyarakat tidak tahu makna dari pelayanan prima. Harapan penulis dengan diangkatnya tema Pelayanan Prima dalam laporan ini dapat menjadi acuan bagi para pustakawan dan mahasiswa yang sedang menempuh studi Ilmu perpustakaan. Kendala‐kendala Yang Dihadapi Dalam Pelayanan Prima Di Laboratorium Perpustakaan Fakultas adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. a. Kurangnya pengetahuan tentang pelayanan prima. Sehingga pustakawan yang bertugas hanya mengandalkan kemampuan dalam bidang pelayanan yang biasa (kurang maksimal). b. Kurangnya tenaga teknis. Sehingga menjadikan beberapa bidang pelayanan menjadi terabaikan. c. Prasarana (Ruang Perpustakaan) yang kurang memadai untuk ukuran Fakultas. Sehingga sering terkesan penuh yang mengakibatkan ketidak nyamanan bagi pengunjung perpustakaan. d. Masih kurangnya standar kedisiplinan pustakawan dalam bertugas. Baik itu kedisiplinan waktu maupun kedisiplinan dalam shelving (menyusun buku di rak). Sehingga mengakibatkan kekecewaan tersendiri bagi pengunjung. e. Kurangnya dana yang mengakibatkan keterbatasannya fasilitas teknologi di perpustakaan. date: 2008-07-04 date_type: published pages: 72 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Supriyono, NIM.: 04132012 (2008) PELAYANAN PRIMA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68870/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68870/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf