@phdthesis{digilib68875,
           month = {July},
           title = {TA'LIM AL LUGHAT AL ARABIYYAH BIWASILAH JARAID AL 'ARABIYYAH LI TALAB MA'HAD " NURUL UMMAH " AL ISLAMIYYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA : DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN AL MUSHKILAT WA 'ULAJIHA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 01420594 Ali Iqbal},
            year = {2008},
            note = {Pembimbing: H. Ahmad Rodli, M.Pd},
        keywords = {Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pembelajaran, Koran},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68875/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan problem
apa saja yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media koran
berbahasa Arab ?Robithoh al-?Alam al-Islamy? di kelas I Wustho ? II Ulya
MDNU Pondok Pesantren Nurul Ummmah Prenggan Kotagede Yogyakarta
beserta menemukan solusi-solusinya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat
dipergunakan untuk menyempurnakan cara menggunakan media koran berbahasa
Arab seperti Robithoh al-?Alam al-Islamy baik di dalam sebelum maupun ketika
proses belajar mengajar bahasa Arab berlangsung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan Analisis Deskriptif Eksploratif. Sedangkan analisis data kuantitatif
tersebut digambarkan dengan langkah analisis tabulasi/tabel sederhana, yakni
data-data kuantitatif ini diproses dengan cara dijumlah, dibandingkan dengan
jumlah yang diharapkan dan diperoleh prosentase. Adapun ketika di dalam
penelitian ini terdapat penelitian yang menggunakan Eror Analysis atau analisis
kesalahan dari para siswa kelasI/II Wustho-I/II Ulya dalam pembacaan dan
penerjemahan teks-teks koran berbahasa Arab ?robithoh al-?Alam al-Islamy? yang
cenderung kualitatif adalah karena menurut peneliti dalam penelitian tersebut
sangatlah dibutuhkan dalam rangka menguatkan penelitian kuantitatif di depan.
Dalam Proses penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa
metode/tehnik pengumpulan data yaitu: observasi, interview, angket, dan
dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran bahasa
Arab melalui media koran berbahasa Arab ?Robithoh al?Alam al-Islamy? di kelas
I wustho hingga kelas II Ulya MDNU Pondok Pesantren Nurul Ummmah
Prenggan Kotagede Yogyakarta ternyata masih banyak mengalami kendala atau
problema yang menjadikan kesulitan bagi proses pembelajaran tersebut, dan
kendala-kendala tersebut adalah kendala yang bersifat kebahasaan (linguistik)
maupun di luar kebahasaan (non linguistik) misal dari kendala linguistik adalah
masih adanya siswa yang mengalami kesulitan memahami kebahasaan dari segi
shorofnya (morfologis), nahwunya (sintaksis), dilalahnya (simantiknya) dan
restrukturasinya. Sedangkan kendala yang bersifat non linguistik, kendala/faktor
dari bidang ini yang paling krusial adalah kendala yang muncul dari pribadi siswa
sendiri, yakni kesadaran dan motivasi siswa yang lemah/kurang, seperti: bahwa
mayoritas siswa kelas I wustho hingga kelas II Ulya MDNU Pondok Pesantren
Nurul Ummah kotagede Yogyakarta adalah mereka belajar bahasa Arab dalam
keadaan terpaksa dan hanya memenuhi kewajiban (bahasa Arab merupakan materi
wajib di Madrasah tersebut), bukan muncul dari kesadaran pribadi siswa untuk
bersungguh-sungguh belajar bahasa Arab.}
}