TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Nazri Syakur, M.A. ID - digilib68876 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68876/ A1 - Herry Winarso, NIM.: 03420248 Y1 - 2008/05/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa metode dan aplikasinya di dalam pembelajaran percakapan bahasa Arab (hiwar) di Pondok Pesantren Mahasiswa Ali bin Abi Tholib Universitas Muhammdiyah Yogyakarta. Karena banyak pondok pesantren dan perguruan tinggi maupun sekolah khususnya di Indonesia yang mengajarkan percakapan bahasa Arab yang merupakan salah satu ketrampilan berbahasa disamping tiga ketrampilan lainnya berikut dengan berbagai macam metode yang digunakan di dalam kelas. Akan tetapi ada beberapa sekolah ataupun pesantren yang masih menggunakan metode klasik dari dahulu hingga sekarang tanpa ada peningkatan, inovasi dan juga variasi yang dilakukan serta kurang bisa menyesuaikan penerapan metode tersebut dengan keadaan situasi dan kondisi siswa seperti tingkat kecerdasannya ataupun jenjang umur dean beberapa hal penting lainnya. Sedangkan hal penting yang tidak boleh ditinggalkan dalam pembelajaran percakapan ini adalah adanya penyesuaian dengan keadaan peserta didik dan juga perlunya pengembangan, inovasi dan variasi dalam menggunakan dan menerapkan metodenya di dalam kelas. Dengan skripsi ini kita bisa mengetahui beberapa metode pembelajaran berikut dengan pengembangan dan variasi aplikasinya untuk menambah wawasan kita bersama khususnya metode pembelajaran hiwar dan aplikasinya. Penelitian ini merupakan pengembangan terhadap penelitian sebelumnya, yang membedakan adalah dalam penelitian sebelumnya banyak membahas dan memaparkan metode klasik dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab, sedang disini penulis membahas beberapa metode modern beserta aplikasinya didalam kelas fokusnya metode pembelajaran percakapan bahasa Arab (hiwar) yang diambil dari beberapa literatur modern dalam pembelajarannya. Obyek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran percakapan bahasa Arab dengan menggunakan beberapa metode di Pondok Pesantren Mahasiswa Ali bin Abi Tholib. Jika dilihat dari segi cara, penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Jika ditinjau dari segi tempat penelitian, termasuk dalam penelitian lapangan.Dan bila dilihat dari sifat data yang ada termasuk penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada data yang bersifat kualitatif dan menggunakan analisis kualitatif dalam memaknai dan menganalisa data yang ada. Teknik pengambilan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan fokus dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengkaji beberapa metode pengajaran percakapan bahasa Arab beserta aplikasinya di dalam kelas di Pondok Pesantren Mahasiswa Ali bin Abi Tholib (UMY). Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah Pondok Pesantren Ali bin Abi Tholib menggunakan empat metode dalam pengajaran hiwar tersebut, yaitu: metode percakapan langsung, metode membaca, metode gambar, dan metode pola-pola kalimat yang disajikan sangat variatif oleh para pengajarnya. Sedangkan aplikasi beberapa metode tersebut di dalam kelas disesuaikan dengan keadaan dan kondisi mahasiswa serta tingkat kreativitas yang dimiliki oleh pengajarnya yang mengacu dan tetap berpedoman pada literatur atau buku-buku yang telah ditentukan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Media Pembelajaran KW - Percakapan Bahasa Arab (Hiwar) M1 - skripsi TI - TA'LIM AL HIWAR BI MAHAD ALI BIN ABI THALIB AL TABI' LI JAMA'AH YOGYAKARTA AL MUHAMMADIYAH (UMY) (DIRASAH FI AL MANHAJ AL TA'LIM WA TATTABIQAH) AV - restricted EP - 133 ER -