<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI"^^ . "Penelitian ini berjudul As Shu’ubat Al Lughawiyah Fi At-Takallum Bi\r\nAl-Lughah Al Arabiyah, yaitu kesulitan-kesulitan linguistik dalam berbicara\r\nbahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan\r\nlinguistik apa saja yang dihadapi siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ibnul\r\nQoyyim Yogyakarta dalam berbicara bahasa arab. Kesulitan-kesulitan ini ini\r\ndapat diketahui dari kesalahan-kesalahan yang sering ditimbulkan siswi selama\r\nberbicara bahasa arab, baik dalam kegiatan formal maupun non formal. Fokus\r\npenelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh\r\ndua faktor, yaitu pengaruh bahasa pertama (antar bahasa) dan faktor\r\nperkembangan siswi selama belajar bahasa arab. Sehingga berdasarkan\r\nkesalahan-kesalahan tersebut guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang\r\nsesuai.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian\r\nyang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala\r\nyang ada, yaitu keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan.\r\nMengingat fokus penelitian ini adalah kesalahan berbahasa, maka analisa data\r\ndilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:١). mendata semua kesalahan\r\nyang dilakukan siswi, ٢). Mengidentifikasi kesalahan dan mengelompokkan\r\nberdasarkan jenis dan sifatnya, ٣). Menentukan kesalahan yang sering dilakukan,\r\n٤). Menafsirkan kesalahan berdasarkan sumbernya, ٥). Memprediksi sebab-sebab\r\nterjadinya kesalahan, dan ٦). Solusi terhadap permasalahan. Disamping langkahlangkah\r\ndiatas, analisa ini juga dikuatkan dengan teori grounded dengan prosedur\r\nsebagai berikut:١). Mengumpulkan data yang kemudian dikelompokkan dengan\r\ncara pengkodean secara terbuka, ٢). Pelabelan fenomena, ٣). Penemuan kategori,\r\n٤). Penamaan kategori, ٥). Penyusunan kategori berdasarkan sifatnya, dan ٦).\r\nPenarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang sering muncul\r\ndalam berbicara bahasa arab adalah kesalahan antar bahasa, hal ini dapat diketahui\r\ndari besarnya pengaruh bahasa pertama dalam berbicara bahasa arab. Dari empat\r\ntataran linguistik yang kami bahas (fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik),\r\nkesalahan yang sering muncul adalah kesalahan fonologi dan sintaksis. Kesalahan\r\nfonologi meliputi kesalahan pelafalan, intonasi dan lahjah. Sedangkan kesalahan\r\nsintaksis seperti berbicara bahasa arab dengan susunan kalimat Indonesia, hal ini\r\nsulit dihilangkan karena telah menjadi kebiasaan yang turun temurun. Disamping\r\nkesalahan antar bahasa, terdapat kesalahan perkembangan seperti ketidaktahuan\r\nsiswi terhadap kaidah yang benar, penerapan kaidah yang kurang sempurna, atau\r\nkarena faktor lain seperti malas, ngantuk, emosi, dll., kesalahan perkembangan\r\nyang sering muncul adalah kesalahan akibat penerapan kaidah yang kurang tepat,\r\nbukan karena ketidaktahuan siswi terhadap kaidah. Untuk memperbaiki\r\nkesalahan-kesalahan berbahasa adalah: mengajarkan bahasa arab (Maharatul\r\nKalam) dengan metode yang benar, meluruskan kesalahan dengan segera,\r\nmemperhatikan kesalahan siswi dan belajar berdasarkan kesalahan tersebut, dan\r\nmeningkatkan berbagai kegiatan yang mendukung kemampuan berbahasa."^^ . "2008-07-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 05420072 04"^^ . "Ika Rusdiana"^^ . "NIM.: 05420072 04 Ika Rusdiana"^^ . . . . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Text)"^^ . . . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #68877 \n\nAL SU'UBAT AL LUGHAWIYYAH FI AL TA'LIM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH: DIRASAH TAHLILIYYAH AKHTAIYYAH FI MA'HAD IBNUL QOYYIM AL ISLAMI\n\n" . "text/html" . .