eprintid: 68920 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/89/20 datestamp: 2024-12-19 04:21:19 lastmod: 2024-12-19 04:21:19 status_changed: 2024-12-19 04:21:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Arif Prasetyo, NIM.: 22204085010 title: KEBIJAKAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH TERHADAP KUALITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH GENDENG ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: kebijakan pendidikan; manajemen pendidikan; pendidikan Muhammadiyah note: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag. abstract: Muhammadiyah memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan, hal tersebut di buktikan dengan banyaknya sekolahan di bawah naungan Muhammadiyah mempunyai akreditasi yang unggul. Dengan demikian pada penelitian ini bertujuan ingin melihat dampak nyata dari kebijakan Pendidikan Muhammadiyah terhadap kualitas manajemen sekolah. Penelitian ini akan membahas tiga aspek terkait dengan tujuan penelitian ini, diantaranya: 1) Untuk mengetahui apa saja kebijakan pendidikan yang telah diterapkan oleh Muhammadiyah dari fungsi manajemen. 2) Mengetahui bagaimana implementasi kebijakan Pendidikan Muhammadiyah di SD Muhammadiyah Gendeng. 3) Mengetahui bagaimana dampak dari kebijakan-kebijakan pendidikan Muhammadiyah terhadap kualitas manajemen pendidikan di SD Muhammadiyah Gendeng. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berusaha menjawab pertanyaan yang menitik beratkan pada tujuan penelitian. Sumber data penelitian tersebut adalah Majelis Dikdasmen PDM Yogyakarta, kepala sekolah serta guru di SD Muhammadiyah Gendeng. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang kebijakan Pendidikan Muhammadiyah, implementasi kebijakan Pendidikan Muhammadiyah, serta dampak dari kebijakan Pendidikan Muhammadiyah tersebut. Teknik analisis datanya melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Sedangkan uji keabsahan data adalah menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah telah membuat beberapa kebijakan Pendidikan yang relevan dari segi fungsi manajemen. Kemudian di SD Muhammadiyah Gendeng mengimplementasikan semua kebijakan yang telah di buat oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah maupun Pimpinan Daerah Muhammadiyah Yogyakarta. Dampak dari kebijakan Pendidikan Muhammadiyah yang telah di implementasikan di SD Muhammadiyah Gendeng, memilik dampak yang baik terhadap kualitas manajemen Pendidikan di SD Muhammadiyah Gendeng. date: 2024-09-17 date_type: published pages: 183 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Arif Prasetyo, NIM.: 22204085010 (2024) KEBIJAKAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH TERHADAP KUALITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH GENDENG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68920/1/22204085010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68920/2/22204085010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf