TY - THES N1 - Pembimbing: Dr Syamsul Arifin, S.Ag. M.Ag ID - digilib68986 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68986/ A1 - Supra, NIM.: 19101020035 Y1 - 2023/10/26/ N2 - IMABA Yogyakarta merupakan organisasi yang latar belakangnya lahir dari pesantren Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan, Jawa Timur, yang lahir secara defacto pada pada hari Senin tanggal 18 Desember 2009 M /1 Muharram 1431 H, di Mato Coffe di daerah Selokan Mataram. Berdirinya IMABA Yogyakarta bukan sekedar untuk menampung alumni santri Mambaul Ulum Bata-bata yang melanjutkan Pendidikan perguruan tinggi di Yogyakarta tetapi IMABA Yogyakarta memliki tujuan dan nilai-nilai yang ingin diamalkan kepada masyarakat Yogyakarta. Semenjak IMABA Yogyakarta di deklarasikan sampai sekarang terus mengalami perkembangan dan memberikan kontribusi nyata pada masyarakat Yogyakarta. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan guna menalaah sejarah berdirinya IMABA Yogyakarta, perkembanganya dan kontribusinya baik itu kepada anggota dan masyarakat Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis, serta menggunakan teori Continuity and Change. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yaitu suatu cara untuk memahami kejadian dan peristiwa masa lamapu. Metode sejarah memiliki empat tahapan yang dilalui, yaitu; Heriustik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Hasil dari penelitian yang dilakukan guna mendeskripsikan organisasi mahasiswa santri yakni IMABA Yogyakarta dimulai dari berdirinya pada tahun 2009 sampai tahun 2022. Selain itu hasil penelitian ini mengambarkan perkembangan IMABA Yogyakarta dari anggota dan program kerja atau kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan serta kontribusi IMABA Yogyakarta kepada masyarakat Yogyakarta dalam bidang sosial, agama, pendidikan dan lain sebagainya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Organisasi Mahasiswa KW - Pesantren KW - Perguruan Tinggi M1 - skripsi TI - SEJARAH ORGANISASI MAHASISWA SANTRI IMABA (IKATAN MAHASISWA BATA-BATA) WILAYAH YOGYAKARTA 2009-2022 AV - restricted EP - 103 ER -