relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69022/ title: STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH MELALUI PROGRAM SEKOLAH LITERASI INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH SIDOREJO GUNUNGKIDUL creator: Khalid Husain Abdurrahman, NIM.: 20104090066 subject: 371.2 Pendidikan - Manajemen subject: 374.012 4 Pendidikan dan Literasi description: Penelitian ini menejawab dari setiap rumusan masalah penelitian dan bertujuan menjelaskan mengenai (1) Latar belakang pemilihan SD Muhammadiyah Sidoeejo sebagai penerima program Sekolah Literasi Indonesia, (2) Menjelaskan bagaimana manajemen dan strategi yang dijalankan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah, (3) Menjelaskan peningkatan kualitas disekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada prinsip 3M: yaitu orang yang mengetahui, memahami, dan mengalami langsung terkait dengan tema yang diteliti. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan Member checking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemilihan SD Muhammadiyah Sidorejo Gunungkidul sebagai penerima manfaat program Sekolah Literasi Indonesia dilatar belakangi oleh minimnya sumber daya guru, jumlah siswa/siswi yang minim, banyaknya kaum dhuafa disekolah tersbut mencapai 75% serta minimnya program peningkatan kualitas sekolah. (2) Pelaksanaan program Sekolah Literasi Indonesia melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi. Tahapan perencanaan dengan melibatkan kedua belah pihak yakni Divisi Pendidikan dan kepala sekolah SD Muhammadiyah Sidorjeo dengan melakukan survey, pengamatan dan observasi terlebih dahulu. Tahapan pelaksanaan sepenuhnya diserhakan kepada kepala sekolah dan setiap guru untuk menjalankan setiap kegiatan program Sekolah Literasi Indonesia. (3) Strategi yang digunakan kepala sekolah SD Muhmmadiyah Sidorejo dalam meningkatkan kualitas sekolah dengan menggunakan analisis SWOT, dengan mengidentifikasi empat aspek yaitu kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. (4) Peningkatan kualitas sekolah mencakup pada empat aspek yaitu perencanaan strategis, pengembangan profesionalisme, pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya. Setiap indikator memliki kegiatan yang menekankan pada aspek masing-masing indikator, adapun pengembangan profesionalisme dan pengelolaan sumber daya menekankan pada aspek kompetensi guru melalui kegiatan Small Learning Community, sedangkan perencanaan strategis menekankan pada perencanaan setiap kegiatan yang ada di SD Muhammadiyah Sidorejo seperti pelibatan komite dalam menentukan ekstrakulikuler dan yang terakhir pengembangan kurikulum merupakan kegiatan yang berfokus pada kurikulum dan bertujuan meningkatkan kemampuan siswa/siswi baik akademik maupun non akademik seperti pada kegiatan 5R dan ramah hijau. date: 2024-10-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69022/1/20104090066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69022/2/20104090066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Khalid Husain Abdurrahman, NIM.: 20104090066 (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH MELALUI PROGRAM SEKOLAH LITERASI INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH SIDOREJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.