eprintid: 69052
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12460
dir: disk0/00/06/90/52
datestamp: 2025-01-02 02:22:50
lastmod: 2025-01-02 02:22:50
status_changed: 2025-01-02 02:22:50
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id
creators_name: Deni Abdul Aziz, NIM.: 20102040004
title: STRATEGI BERSAING PRESPEKTIF MARKET LEADER DI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: 658.5
divisions: jur_md
full_text_status: restricted
keywords: Strategi Bersaing, Market Leader, Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta
note: Pembimbing: Early Maghfiroh Innayati, S.Ag. M.Si
abstract: Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta merupakaan perusahaan yang sudah cukup terkenal di indonesia khususnya ruang lingkup Yogyakarta. Nama “Jogja T-Shirt dan JETHE” yang digunakan sebagai merek dagang sekaligus produk yang dijual dengan kualitas yang baik dan bagus. Untuk saat ini perusahaan tersebut merupakan ikon khas Yogyajarta yang menjadi pilihan masyarakat dan pengunjung sebagai buah tangan dan tempat cinderamata saat berkunjung ke Yogyakarta. Adapun beberapa pesaing bisnis yang berkecimbung dibidang cinderamata dan industri kreatif sperti Jogja T-Shirt Omah Oblong Yogyakarta yaitu, Mbejo (mbelinger jogja, Djogker (djogja t-shirt maker), Malio Ave, Dagadu Djokdja dan lain-lain. Melihat persaingan yang semakin ketat dan berkembang pesat, maka perlu dilakukan analisis faktor-faktor strategi bersaing yang ada di lingkup perusahaan baik yang menjadi strategi utama ataupun strategi khusus. Dalam mewujudkan strategi bersaing. Perusahaan diharuskan untuk menganalisis suatu formulasi strategi bersaing secara kritis. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi bersaing yang diterapkan Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta dengan menggunakan teori strategi bersaing market leader karena perusahaan ini menjadi pemimpin pasar dan sering ditiru dari para pesaing-pesaingnya pada bidang bisnis industri kreatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bersaing Market Leader yang diterapkan oleh Jogja T-Shirt Omah Oblong Yogyakarta telah dilakukan dengan 3 poin yaitu, mengembangkan pangsa pasar, melindungi pangsa pasar dan memperluas pangsa pasar. Namun dari indikator memperluas pangsa pasar mengalami keseluruhan di poin Pertahanan serangan balik (counter offensive defense) masih belum maksimal karena Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta belum memperlihatkan respon terhadap serangan balik yang dilakukan oleh para pesaingnya.
date: 2024-11-15
date_type: published
pages: 164
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Deni Abdul Aziz, NIM.: 20102040004  (2024) STRATEGI BERSAING PRESPEKTIF MARKET LEADER DI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69052/1/20102040004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69052/2/20102040004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf