%A NIM.: 22200011009 Arin Luthfiyah %O Pembimbing: Dr. Labibah, MLIS. %T LEARNING SPACE SEBAGAI RUANG PUBLIK: ANALISIS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI UPT PERPUSTAKAAN DAN UNDIP PRESS %X Penelitian ini mengenai Learning Space sebagai ruang publik: analisis terhadap interaksi sosial di UPT Peerpustakaan dan Undip Press. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi Learning Space sebagai ruang publik serta mengetahui Learning Space dapat membentuk interaksi sosial di UPT Perpustakaan dan Undip Press. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel untuk informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi terus terang, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data terbagi menjadi 4, yaitu 1) uji kredibilitas melalui triangulasi sumber, cara, waktu, dan member check, 2) uji transferability, 3) uji dependability, dan 4) uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Space di UPT Perpustakaan dan Undip Press berfungsi sebagai lebih dari sekadar tempat belajar dan juga menjadi wadah sosial yang memfasilitasi dan mendorong adannya kolaborasi, pertukaran ide, dan pembentukan hubungan antar individu. Atribut seperti aksesibilitas, aktifitas, fasilitas dan kerja sama memainkan peran penting dalam mendorong terjadinnya interaksi sosial.Learning Space yang dihadirkan di UPT Perpustakaan dan Undip Press dapat membentuk interaksi sosial dengan para penggunannya dan menghasilkan bentuk yang positif. yaitu, adannya proses asosiatif diartikan sebagai bentuk interaksi yang positif berupa kerja sama dan akomodasi. Dimana bentuk yang sering muncul dalam proses interaksi sosial.Selain itu, analisis situasi ruang publik terkait pengelolaan dan promosi yang baik dapat meningkatkan pemanfaatan Learning Space sebagai pusat aktivitas komunitas maupun kelompok untuk mengoptimalkan fungsi Learning Space sebagai ruang publik. Serta perlunya upaya untuk meningkatkan fasilitas, dan program – program kegiatan yang melibatkan pengguna. Dengan demikian, UPT Perpustakaan dan Undip Press dapat terus beradaptasi dan berfungsi sebagai lingkungan belajar yang inklusif dan dinamis. %K learning space; ruang publik; interaksi sosial %D 2024 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib69073