<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Tesis yang berjudul ”Nilai-nilai dan Konsep Pendidikan Multikultural\r\ndalam Pendidikan Islam” ini dibuat sebagai kajian mengenai multikultural dan\r\npendidikan multikultural dalam konteks keislaman. Penelitian ini dilatar belakangi\r\noleh adanya realitas kekayaan dan keragaman budaya yang disertai adanya konflik\r\ndi Indonesia yang mana banyak penganut Islam yang terlibat di dalamnya,\r\nsehingga dianggap perlu untuk mengkaji 1) bagaimana nilai-nilai pendidikan\r\nmultikultural berdasarkan ajaran Islam, 2) bagaimana konsep pendidikan\r\nmultikultural dalam pendidikan Islam dan 3) apa saja faktor-faktor yang sekiranya\r\nmenjadi penghambat ketika pendidikan multikultural tersebut dilaksanakan.\r\nTujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui dan mengkaji nilainilai\r\npendidikan multikultural yang terdapat dalam ajaran Islam. Selanjutnya\r\ndengan mengetahui nilai-nilai tersebut akan digunakan untuk mengetahui dan\r\nmengkaji konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam dan pada\r\nakhirnya akan dikaji dan diketahui berbagai faktor yang sekiranya akan menjadi\r\npenghambat pada saat pendidikan multikultural tersebut diterapkan dalam\r\npendidikan Islam.\r\nManfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain: memberikan\r\nmasukan untuk pengembangan keilmuan, memberikan wacana baru mengenai\r\npendidikan multikultural dalam konteks keislaman, dan memberikan satu\r\nalternatif konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam, serta\r\nmemberikan pengetahuan mengenai standar pergaulan bagi dunia pendidikan\r\nIslam dalam mengajarkan kehidupan sosial, masyarakat yang beragam dan\r\nberbeda budayanya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan\r\nsosiologis untuk mengkaji realitas pendidikan Islam yang terjadi saat ini. Adapun\r\nmetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan.\r\nProses pengumpulan data dilakukan melalui pencarian berbagai literatur (pustaka)\r\nkemudian dicek silang data-data yang berasal dari berbagai sumber pustaka dan\r\ndiambil data yang paling bisa dipercaya. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis\r\ndan disintesiskan menjadi fakta-fakta melalui pendekatan dan metode di atas.\r\nHasil dari penelitian ini antara lain: 1) terdapat keselarasan antara nilainilai\r\npendidikan multikultural dengan nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran Islam.\r\n2) Konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam di Indonesia dari\r\naspek kurikulum adalah: a) tujuannya ditekankan pada berbuat baik terhadap\r\nsesama manusia dan menciptakan kehidupan yang baik; b) materi yang diajarkan\r\nyaitu mengenai nilai-nilai multikultural yang selaras dengan ajaran Islam; c)\r\nmetode pembelajaran lebih ditekankan pada metode dialog, diskusi, dan problem\r\nsolving; e) evaluasi ditekankan pada kesadaran peserta didik terhadap keragaman\r\nbudaya dan berbagai bias yang terdapat di masyarakat. Sedangkan pada aspek\r\nkurikulum, evaluasi dilakukan dengan mengkritisi keberadaan kurikulum yang\r\ndiberlakukan, oleh seluruh subyek pendidikan. 3) Faktor-faktor yang\r\ndimungkinkan menjadi penghambat antara lain dari aspek perubahan dan perbaikan kurikulum, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi, perbedaan pola pikir,\r\ndan kultur politik di Indonesia yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat.\r\nRekomendasi dari penelitian ini antara lain: 1) penerapan pendidikan\r\nmultikultural sudah semestinya segera dilakukan, 2) Peran serta lembaga-lembaga\r\npendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam menyikapi segala perbedaan dan\r\nkeragaman budaya yang merupakan suatu keniscayaan, 3) Peran serta para guru\r\ndalam dialog agama dan budaya perlu ditingkatkan, dan 4) Penelitian lebih lanjut\r\nmengenai penerapan bentuk pendidikan dari komponen sistem pendidikan lainnya\r\nsangat diperlukan juga penelitian mengenai ada tidaknya pengaruh kondisi\r\nmasyarakat yang multikultural di daerah konflik dengan terjadinya konflik di\r\nIndonesia."^^ . "2007-01-31" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 04221538"^^ . "AINUN HAKIEMAH"^^ . "NIM. 04221538 AINUN HAKIEMAH"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6913 \n\nNILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .