TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos, M.Si. ID - digilib69146 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69146/ A1 - Alif Adha Rabbani, NIM.: 20107020059 Y1 - 2024/11/13/ N2 - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet 2019 melakukan sebuah survey tentang tingkat pengguna internet di Indonesia. Nilai pada perdagangan online di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 78% di tahun 2019. TikTok Shop merupakan sebuah layanan sosial e-commerce yang ada di aplikasi TikTok. Keberadaan online shop bagi remaja sendiri mengalami pergeseran yaitu pada perilaku konsumsi yang tidak lagi untuk memenuhi kebutuhan melainkan untuk hanya sekedar mengikuti trend yang berdampak pada perilaku konsumtif. Penelitian ini untuk menganalisis lebih lanjut terkait bagaimana dampak perilaku konsumtif terhadap perubahan sistem belanja di Tiktok Shop. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Masyarakat Konsumsi Jean P Baudrillard. Melalui metode kualitatif deskriptif, peneliltian ini berupaya menceritakan dampak perilaku konsumtif pada perubahan sistem belanja di Tiktok Shop. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi melalui pemotretan gambar dan catatan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor hiperrealitas dan konsumsi barang berdasarkan nilai simbol pada masyarakat konsumsi akibat perubahan sistem belanja di Tiktok Shop. Faktor hiperrealitas seperti ketertarikan remaja pada iklan yang menarik, mengikuti trend gaya hidup ideal influencer, dan pembelian barang secara diskon yang akan memberikan realiatas semu gambaran gaya hidup ideal individu lain sehingga remaja melakukan pembelian barang secara impulsif. Dari faktor hiperrealitas tersebut menimbulkan pembelian barang berdasarkan nilai simbol untuk menunjukkan identitas diri remaja pada lingkungan sosialnya yang berdampak negatif pada perilaku konsumsi remaja yaitu pertama kecenderungan belanja berlebihan akibat harga diskon. Kedua ketidakmampuan menyeleksi barang yang dibutuhkan akibat tidak mau ketinggalan trend. Ketiga ketertarikan terhadap godaan yang diakibatnya maraknya iklan yang menarik. Keempat pembayaran barang dengan sistem pinjaman online akibat ingin mengikuti gaya hidup orang lain. Kelima penyalahgunaan dana akibat dari ingin bergabung dengan kelompok tertentu. Dampak terakhir ketergantungan terhadap individu lain akibat ingin terlihat seperti influencer idolanya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Perilaku Konsumtif KW - Perubahan Sistem Belanja KW - Tiktok Shop KW - Masyarakat Konsumsi KW - Remaja M1 - skripsi TI - DAMPAK PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PERUBAHAN SISTEM BELANJA DI TIKTOK SHOP PADA REMAJA DESA SIDOLUHUR, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA AV - restricted EP - 155 ER -