<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN"^^ . "Hakikat pendidikan adalah proses memanusiakan anak manusia, yaitu\r\nmenyadari akan manusia yang merdeka, kreatif yang terwujud di dalam\r\nbudayanya. Namun hingga saat ini menurut beberapa pakar, pendidikan belum\r\nmampu mencapai titik idealnya yakni memanusiakan manusia, yang terjadi\r\njusteru sebaliknya yakni merendahkan derajat dan martabat manusia\r\n(dehumansisasi). Gagalnya pendidikan untuk menanamkan nilai humanisme\r\nterlihat dengan menempatkan Indonesia termasuk negara yang korup, banyak\r\nsekolah-sekolah khusus bagi para pemodal, orang kaya dan yang miskin tidak\r\nmendapatkannya, sekolah seolah menjadi pemicu marjinalisasi terhadap mereka\r\nyang tidak mengenyam pendidikan yang layak, banyak kasus tawuran antara\r\npelajar, kekerasan guru terhadap muridnya pendidikan dan\r\npelanggaran-pelanggaran lainnya. Hal ini semakin menutupnya nilai humanis\r\ndalam pendidikan. Proses pendidikan yang berlangsung seharusnya diarahkan\r\npada tumbuhnya kreatifitas, kemandirian anak didik, tercipta hubungan yang\r\nhumanis antara pendidik dan peserta didik, serta mampu mengoptimalkan potensi\r\nyang ada.\r\nDari latar belakang diatas memunculkan pertanyaan; 1). Bagaimana\r\nkonsep pendidikan humanis, 2). Bagaimana perpektif al-Qur'an tentang\r\npendidikan humanis, dan 3). Bagaimana relevansi beserta implementasinya dalam\r\nPendidikan Islam khususnya di Indonesia. Penelitian ini ingin membangun\r\nkesadaran dan mengembalikan fitrah manusia dalam pendidikan, yaitu\r\nmenjadikan pendidikan ini lebih membebaskan, meningkatkan mutu sumber daya\r\nmanusia dan lebih memanusiakan manusia. Kesadaran humanisme adalah\r\nalternatif untuk memperbaiki mutu pendidikan, hasil penelitian ini diharapkan\r\nberguna bagi pengembangan pendidikan humanistik dalam upaya menyongsong\r\ntantangan masa depan umat manusia.\r\nPenelitian ini termasuk penelitian library research, yaitu sumber primer\r\ndatanya dari al-Qur'an, dan dibantu analisanya dengan beberapa pemikiran dari\r\npara tokoh mufassir dan tokoh-tokoh pendidikan tentang tema humanis. Teknik\r\nanalisa dalam penelitian ini adalah teknik content analysis.\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan humanis\r\nmerupakan sebuah proses penyadaran dan peningkatan terhadap harkat\r\nkemanusiaan serta potensi yang dimiliki manusia. Dalam Islam juga memandang\r\nbahwa pendidikan pada hakekatnya adalah mengangkat derajat manusia kembali\r\nke fitrahnya, sebagai makhluk yang mulia dan bermartabat, mempunyai potensi\r\nfitrah yang cenderung pada kebenaran dan kebaikan (hanif), bebas, merdeka dan\r\nsadar akan eksistensinya. Konsepsi tauhid al-Qur'an adalah konsepsi tentang\r\nprinsip-prinsip atau nilai-nilai luhur yang menjaga kehidupan manusia, sehingga\r\nterbentuk pribadi-pribadi yang berakhlak mulia (insan kamil), mempunyai sikap\r\nkomitmen pada kebenaran, kejujuran, keadilan, kesucian, persamaan/kesetaraan, kebebasan, cinta dan kasih sayang sesama yang termanifestasikan dalam hidup\r\nsehari-hari (saleh individual dan sosial), terlebih di dalam proses pendidikan.\r\nDalam implementasinya pendidik juga harus menjadi teladan, mengedepankan\r\ncinta kasih dalam proses belajar mengajar, mampu memunculkan rasa empati,\r\nmampu memotivasi, menciptakan suasana belajar yang dialogis. Itulah pesan\r\npendidikan humanis qur’ani.\r\nDari hasil penelitian ini diharapkan memberikan pencerahan akan\r\npentingnya humanisme dalam pendidikan, mengedepankan pendekatan humanis\r\ndalam pengembangan potensi peserta didik. Sehingga tercipta suasana belajar\r\nmengajar yang kondusif, penuh kasih sayang, membebaskan, demokratis mampu\r\nmemaksimalkan potensi yang ada, dan pendidikan akan menghasilkan\r\npribadi-pribadi humanis (insan kamil), memanusiakan manusia yang merupakan\r\ntujuan dari pendidikan."^^ . "2008-04-29" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06.221.595"^^ . "M. Mukhlis Fahruddin"^^ . "NIM. 06.221.595 M. Mukhlis Fahruddin"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Text)"^^ . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6915 \n\nKONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .