%A NIM.: 18104010093 Muhammad Azka Rifdarrahman %O Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag. %T NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU SISWA MATA PELAJARAN FIKIH, AKIDAH AKHLAK, AL-QUR’AN HADIS, DAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2020 %X Agama dan Islam sama-sama bermakna kedamaian. Namun dalam pengamalan ajaran agama Islam, banyak kesalahpahaman yang menimbulkan radikalisme dan kekerasan. Moderasi beragama adalah sikap beragama yang penting untuk menghindari radikalisme dan kekerasan . Melalui buku siswa yang menjadi bahan pembelajaran pada Madrasah Aliyah peneliti telah meneliti tentang “Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Buku Siswa Mata Pelajaran Fikih, Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadis, dan Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran buku-buku yang mengandung materi pokok dengan nilai-nilai moderasi beragama serta apa saja materi pokok dengan nilainilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku-buku tersebut. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif dan berbentuk penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan menggunakan content analysis (analisis Isi) sebagai metode analisis data. Kemudian untuk indikator moderasi beragama yang digunakan untuk mengukur materi dalam buku mata Pelajaran Pendidikan Agama Madrasah Aliyah ini peneliti menggunakan empat indikator moderasi beragama yang disusun oleh Kementerian agama, yakni: komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan dan radikalisme, serta akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: terdapat nilai-nilai moderassi beragama di dalam materi pokok buku Fikih kelas XI bab 4 tentang Bughat (Pemberontakan), Al-Qur’an Hadis kelas XI bab 2 tentang Toleransi, Akidah Akhlak kelas X bab 7 tentang Jadikan Islam Wasathiyah sebagai Rahmatan lil Alamin, Akidah Akhlak kelas XII bab 2 tentang Kunci Kerukunan, serta Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII bab 2 tentang Peran Walisanga dalam Penyebaran Islam di Indonesia dan bab 4 tentang Peran Umat Islam dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia yang meliputi semua indikator moderasi beragama. %K Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Buku Siswa, Fikih, Akidah Akhlak, Al-Qur’an dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib69156