TY - THES N1 - Pembimbing: Izzatin Kamala, M.Pd ID - digilib69157 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69157/ A1 - Fitriah Fauzi Bawazir, NIM.: 18104080086 Y1 - 2024/10/08/ N2 - Idealnya media pembelajaran mengandung fleksibilitas dalam menyampaikan sebuah informasi dengan cara mengilustrasikannya. Akan tetapi Buku Siswa sebagai media belajar siswa kurang efektif dan mudah jenuh. Dampaknya minimnya yang dihadirkan Buku Siswa membuat guru merasa kesulitan untuk mencapai tujuan belajar yang optimal. Buku siswa merupakan salah satu media cetak yang tidak memerlukan media lain sebagai penunjang dalam penggunaannya sehingga dapat digunakan oleh siswa dengan mudah. Melihat fakta tersebut siswa akan aktif dalam proses tujuan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk penyampaian visualisasi sebuah materi yang bersifat abstrak yang berisikan materi tambahan dan aktivitas kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan 5 model tahapan yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru agama kelas 2 dan siswa kelas 2. Hipotesis keberhasilan penelitian ini adalah mendapatkan respon positif baik oleh guru dan siswa serta mendapatkan nilai kelayakan dari para ahli. Fun learning materi akhlak terpuji mampu dijadikan sebagai pendamping belajar siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket responden siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan angket minat belajar siswa. Pemahaman peserta didik pada pelajaran Akidah Akhlak menggunakan media Fun learning sangat tertarik dan antusias sehingga tercapainya pembelajaran yang efektif. Didalam buku Fun learning terdapat bervariasi yang didalamnya ada materi akhlak terpuji, kuis, serta potongan hadis yang dapat dipahami oleh peserta didik dan dikemas semenarik mungkin agar peserta didik berantusias untuk membacanya dan didesain menggunakan canva. Kegiatan belajar mengajar pada pelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode bercerita yang dikaitkan dengan sejarah kebudayaan islam dan menggunakan metode lagu agar dapat dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan pengembangan media Fun learning rata-rata dari validator dengan presentase 100% dengan kategori sangat valid, dan nilai rata-rata validator ahli media degan presentase 80% kategori sangat valid. Hasil angket responden siswa pada uji keterbacaan MIN 1 Sleman dengan presentase 87% sangat valid. Hasil pengembangan Fun learning ini mendapatkan hasil kriteria layak dengan perbaikan oleh ahli media, materi dan bahasa, dengan respon positif dari guru dan siswa. Rata-rata penilaian dari para ahli, guru agama, dan siswa. Rata-rata penilaian dari para ahli, guru agama, dan siswa menunjukan kategori ?Sangat Baik?. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - ADDIE KW - Akhlak Terpuji KW - Akidah Akhlak KW - Canva KW - Fun Learning KW - Visualisasi M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS FUN LEARNING TEMA AKHLAK TERPUJI DENGAN APLIKASI CANVA PESERTA DIDIK MI/SD DI MIN 1 SLEMAN AV - restricted EP - 202 ER -