TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. ID - digilib69164 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69164/ A1 - Fajar Nur Huda, NIM.: 20104010033 Y1 - 2024/09/26/ N2 - Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar. Minat yang ?nggi terhadap materi pelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sebaliknya kurangnya minat belajar dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik. Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terdapat kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Peneli?an ini bertujuan untuk menjelaskan desain pengembangan E-Learning berbasis website dan pengaruh penggunaan E- Learning berbasis website terhadap minat belajar. Peneli?an ini menggunakan metode peneli?an RnD (Research and Development) dengan model ADDIE dan Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. E-Learning divalidasi dengan menilai aspek media, materi, reviewer dan aspek instruksional. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik menganalisis guru dan peserta didik merupakan teknik awal untuk mengumpulkan data, teknik uji kelayakan E- Learning berbasis website dan mengukur minat belajar peserta didik terhadapa E- Learning berbasis website data tersebut dikonvers dalam bentuk presentase. Hasil peneli?an : 1) Pada analisis awal menunjukan bahwa adanya ketertarikan guru dan peserta didik dalam menggunakan website dalam pembelajaran Fikih. 2) Hasil validator penilaian dari aspek media mendapatkan 90,67% dengan kriteria ?sangat valid?, aspek materi dengan presentase 100% dengan kriteria ?sangat valid?, aspek instruksional dengan presentase 84% dengan kriteria ?sangat valid? dan reviewer mendapatkan presentase 80% dengan kriteria ?valid?. 3). Hasil uji hipotesis pada uji wilcoxon kelas kontrol mendapat 12,85, sedangkan kelas eksperimen mendapat 15,00 dan uji N-Gain di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 0,2328 dengan kriteria ?rendah? sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 0,5008 dengan kriteria ?sedang?.Dengan demikian kelas kontrol < kelas eksperimen maka hal ini dapat dinyatakan bahwa semakin sering menggunakan E-Learning berbasis webite semakin ?nggi minat belajar perserta didik dalam pembelajaran Fikih materi mawaris. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-Learning KW - Website KW - Minat Belajar KW - Pengembangan Media Pembelajaran KW - Pembelajaran Fikih Mawaris M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FIKIH MAWARIS DI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 160 ER -