eprintid: 69164 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/91/64 datestamp: 2025-01-07 08:03:56 lastmod: 2025-09-17 08:50:22 status_changed: 2025-01-07 08:03:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fajar Nur Huda, NIM.: 20104010033 title: PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FIKIH MAWARIS DI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: E-Learning, Website, Minat Belajar, Pengembangan Media Pembelajaran, Pembelajaran Fikih Mawaris note: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. abstract: Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar. Minat yang Ɵnggi terhadap materi pelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sebaliknya kurangnya minat belajar dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik. Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terdapat kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. PeneliƟan ini bertujuan untuk menjelaskan desain pengembangan E-Learning berbasis website dan pengaruh penggunaan E- Learning berbasis website terhadap minat belajar. PeneliƟan ini menggunakan metode peneliƟan RnD (Research and Development) dengan model ADDIE dan Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. E-Learning divalidasi dengan menilai aspek media, materi, reviewer dan aspek instruksional. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik menganalisis guru dan peserta didik merupakan teknik awal untuk mengumpulkan data, teknik uji kelayakan E- Learning berbasis website dan mengukur minat belajar peserta didik terhadapa E- Learning berbasis website data tersebut dikonvers dalam bentuk presentase. Hasil peneliƟan : 1) Pada analisis awal menunjukan bahwa adanya ketertarikan guru dan peserta didik dalam menggunakan website dalam pembelajaran Fikih. 2) Hasil validator penilaian dari aspek media mendapatkan 90,67% dengan kriteria “sangat valid”, aspek materi dengan presentase 100% dengan kriteria “sangat valid”, aspek instruksional dengan presentase 84% dengan kriteria “sangat valid’ dan reviewer mendapatkan presentase 80% dengan kriteria “valid”. 3). Hasil uji hipotesis pada uji wilcoxon kelas kontrol mendapat 12,85, sedangkan kelas eksperimen mendapat 15,00 dan uji N-Gain di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 0,2328 dengan kriteria “rendah” sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 0,5008 dengan kriteria “sedang”.Dengan demikian kelas kontrol < kelas eksperimen maka hal ini dapat dinyatakan bahwa semakin sering menggunakan E-Learning berbasis webite semakin Ɵnggi minat belajar perserta didik dalam pembelajaran Fikih materi mawaris. date: 2024-09-26 date_type: published pages: 160 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fajar Nur Huda, NIM.: 20104010033 (2024) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FIKIH MAWARIS DI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69164/1/20104010033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69164/2/20104010033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf