%0 Thesis %9 Skripsi %A Azizah Miftakhul Rohmah, NIM.: 21104060004 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:69189 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Guru Kimia, Kurikulum Merdeka, TPACK %P 76 %T TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU KIMIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69189/ %X Penelitian ini mengkaji kesiapan guru kimia Indonesia dalam menerapkan Kurikulum Merdeka melalui tingkat TPACK mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman guru kimia mengenai TPACK dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuesioner guru kimia berdasarkan variabel jenis kelamin, pendidikan terakhir, status sekolah, sertifikat pendidik, provinsi asal sekolah dan lama mengajar. Teknis analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, independent sample t-test, dan uji one-way ANOVA. Hasil survei mandiri terhadap 60 guru menunjukkan tingkat TPACK yang tinggi, tetapi terdapat celah dalam integrasi teknologi karena keterbatasan sumber daya dan pelatihan. Pelatihan berkelanjutan direkomendasikan untuk mendukung implementasi kurikulum yang lebih efektif. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum yang lebih interaktif dalam konteks Kurikulum Merdeka. %Z Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.