%0 Thesis %9 Skripsi %A Syarafina Ainun Nisa, NIM.: 21104060015 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:69191 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penelitian Pengembangan, Video Pembelajaran Berbasis Powtoon, Kimia Unsur %P 157 %T PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON MATERI KIMIA UNSUR UNTUK SMA/MA KELAS XII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69191/ %X Guru sering kali mengalami kendala untuk menerapkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi, yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, efektivitas, dan efisiensi pembelajaran, serta memberikan dukungan pengetahuan dan sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Powtoon materi kimia unsur dan menganalisis kualitas video pembelajaran berbasis Powtoon sebagai media pembelajaran materi kimia unsur berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respons peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), tetapi hanya sampai pada tahap Develop dikarenakan penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran yang valid berdasarkan penilaian validator. Produk yang dihasilkan berupa video pembelajaran dengan format .mp4 dan dapat diakses di YouTube, serta berisi materi kimia unsur. Berdasarkan penilaian kualitas produk oleh ahli materi diperoleh persentase keidealan sebesar 95% dengan kategori sangat baik (SB); penilaian ahli media diperoleh persentase keidealan sebesar 94,29% dengan kategori sangat baik (SB); dan penilaian guru kimia SMA diperoleh persentase keidealan sebesar 83,64% dengan kategori sangat baik (SB). Produk tersebut direspons positif oleh peserta didik SMA kelas XII dengan persentase keidealan 100%. Berdasarkan hasil penilaian, video pembelajaran dapat digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran kimia unsur di kelas. %Z Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.