%0 Thesis %9 Skripsi %A Sulistyaningsih, NIM.: 21104060016 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:69192 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K TPACK, UDL, ESD, Pendidikan Inklusi, Pendidikan Kimia %P 108 %T EVALUASI DIRI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69192/ %X Penelitian ini menganalisis rencana pembelajaran kimia inklusif dengan mengintegrasikan tiga kerangka pendidikan utama: Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Universal Design for Learning (UDL), dan Education for Sustainable Development (ESD). Tujuan studi ini adalah untuk memberikan solusi rencana membangun lingkungan pembelajaran yang adaptif dan mendukung bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran. TPACK memberikan landasan untuk memadukan pengetahuan pedagogis, konten kimia, dan teknologi secara efektif. UDL menawarkan panduan untuk merancang kurikulum yang fleksibel dan dapat diakses oleh semua siswa melalui berbagai cara representasi, tindakan, dan keterlibatan. ESD menambahkan dimensi penting dengan menekankan pada pendidikan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dalam lingkup global untuk keberlanjutan lingkungan dan sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru di sekolah X dan Y yang berada di Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kombinasi kerangka ini menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut dalam kategori rata-rata cukup baik dalam menerapkan kerangka pembelajaran TPACK, UDL, dan ESD. Studi ini menyarankan implementasi lebih lanjut dari model pembelajaran ini untuk mencapai inklusivitas dan relevansi yang lebih besar dalam pendidikan kimia %Z Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.