eprintid: 69192 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/91/92 datestamp: 2025-01-08 07:45:08 lastmod: 2025-01-08 07:45:08 status_changed: 2025-01-08 07:45:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sulistyaningsih, NIM.: 21104060016 title: EVALUASI DIRI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF ispublished: pub subjects: 371.9 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: TPACK, UDL, ESD, Pendidikan Inklusi, Pendidikan Kimia note: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. abstract: Penelitian ini menganalisis rencana pembelajaran kimia inklusif dengan mengintegrasikan tiga kerangka pendidikan utama: Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Universal Design for Learning (UDL), dan Education for Sustainable Development (ESD). Tujuan studi ini adalah untuk memberikan solusi rencana membangun lingkungan pembelajaran yang adaptif dan mendukung bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran. TPACK memberikan landasan untuk memadukan pengetahuan pedagogis, konten kimia, dan teknologi secara efektif. UDL menawarkan panduan untuk merancang kurikulum yang fleksibel dan dapat diakses oleh semua siswa melalui berbagai cara representasi, tindakan, dan keterlibatan. ESD menambahkan dimensi penting dengan menekankan pada pendidikan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dalam lingkup global untuk keberlanjutan lingkungan dan sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru di sekolah X dan Y yang berada di Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kombinasi kerangka ini menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut dalam kategori rata-rata cukup baik dalam menerapkan kerangka pembelajaran TPACK, UDL, dan ESD. Studi ini menyarankan implementasi lebih lanjut dari model pembelajaran ini untuk mencapai inklusivitas dan relevansi yang lebih besar dalam pendidikan kimia date: 2024-12-12 date_type: published pages: 108 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sulistyaningsih, NIM.: 21104060016 (2024) EVALUASI DIRI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69192/1/21104060016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69192/2/21104060016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf