%0 Thesis %9 Skripsi %A Nabilah Salma Tsurayya, NIM.: 21104080028 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:69198 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Alat Peraga 3 Dimensi Berbasis Audio Visual, Pembelajaran IPAS, Rotasi dan Revolusi Bumi %P 254 %T PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBASIS AUDIO VISUAL 3 DIMENSI MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD/MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69198/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap alat peraga yang digunakan pada pembelajaran IPAS materi rotasi dan revolusi bumi. Peserta didik usia SD memasuki tahap operasional konkret yang membutuhkan alat peraga berupa benda riil sebagai variasi media pembelajaran. Sehingga dikembangkan alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi pada pembelajaran IPAS di SD/MI. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan pengembangan produk alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi. 2) Memperoleh produk alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi yang layak menurut penilaian validator. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi pada pembelajaran IPAS di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Develpoment (R&D) dengan model Four-D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan. Model ini meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Lokasi penelitian di MI Wahid Hasyim dan SD Negeri Caturtunggal 4. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi kegiatan pada saat melakukan uji respon peserta didik, serta angket untuk penilaian ahli media, penilaian ahli materi, penilaian praktisi dan uji respon peserta. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah berhasil dikembangkan alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi. 2) Telah diperoleh produk alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi yang dinilai layak oleh validator ahli media, materi, dan praktisi. 3) Telah diperoleh respon positif peserta didik di MI Wahid Hasyim dan SD Negeri Caturtunggal 4 terhadap alat peraga berbasis audio visual 3 dimensi materi rotasi dan revolusi bumi. %Z Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si.