%A NIM. 07.223.769 MUKHTARUDDIN %O Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, MA. %T KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DI MAN COT GUE ACEH BESAR %X Pada dasarnya penelitian ini dilatarbelakangi pada asumsi bahwa ada sebagian guru yang mengajar tidak sesuai dengan kriteria keprofesionalannya, yaitu keahlian artinya menguasai materi, ketrampilan artinya menguasai metodologi pembelajaran dan komitmen atas inilah lembaga pendidikan harus berpartisipasi dalam rangka memfasilitasi pengembangan profesionalitas guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cot Gue Aceh Besar. Madrasah ini adalah salah satu lembaga pendidikan yang telah melaksanakan pengembangan profesionalitas guru sebagai usaha penyelenggaraan pendidikan. Meskipun demikian, tampaknya belum terlihat adanya perubahan-perubahan yang signifikan pada pelaksanaan pembelajarannya. Dari latar belakang masalah ini selanjutnya dirumuskan tiga permasalahan yaitu: Bagaimana Problematika Pengembangan Profesionalitas guru di MAN Cot Gue Aceh Besar. Bagaimana Kebijakan Pengembangan Profesionalitas guru di MAN Cot Gue Aceh Besar.Bagaimana Pengembangan Profesionalitas guru di MAN Cot Gue Aceh Besar. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tugas guru membutuhkan keahlian pada beberapa bidang ilmu yang harus dipelajari, keterampilan pada beberapa metodologi pembelajaran yang berkaitan dengan didakti metodik kemudian mempunyai komitmen yang tinggi, sehingga mereka selalu rindu belajar, rindu sekolah dan merasa haus akan ilmu pengetahuan serta mengetahui cara belajar yang efektif dan efisien. Jenis penelitian ini, tergolong penelitian lapangan dengan pendekatan evaluasi ilmu pendidikan dan pendekatan studi kebijakan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil anĂ¡lisis data yang dilakukan penelitian ini dapatlah dibangun beberapa konklusi bahwa pengembangan profesionalitas guru pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cot Gue Aceh Besar belumlah maksimal. Kondisi yang demikian antara lain disebabkan oleh beberapa problem yang muncul dari berbagai faktor seperti sumber daya manusia (guru) di madrasah, kesejahteraan guru, dan manajemen kepemimpinan. %K kepala madrasah, profesionalitas guru %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6920