TY - THES N1 - Dr. Muhammad Ja?far Shodiq, S.Pd.I., MSI ID - digilib69221 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69221/ A1 - Elis Tania, NIM.: 22204022006 Y1 - 2024/11/25/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi terhadap penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada Mah?rah al-Kal?m atau keterampilan berbicara. Media yang digunakan hanya berupa buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai pendukung proses pembelajaran, ini menyebabkan kurangnya minat dan perhatian siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Sehingga siswa merasa tidak percaya diri dalam berbicara bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Plotagon Story dalam meningkatkan Mah?rah al-Kal?m di MTs Negeri 9 Sleman. 2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi Plotagon Story dalam meningkatkan Mah?rah al-Kal?m di MTs Negeri 9 Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu True Experimental Design bentuk Pre-Test Post-Test Control Group Design untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Mah?rah al-Kal?m. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Uji analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini adalah: 1) Video animasi untuk pembelajaran Mah?rah al-Kal?m menggunakan aplikasi Plotagon Story ini memuat materi-materi hiwar atau percakapan bahasa Arab dengan tema as-s??ah, yaumiyy?tun?, al-hiw?yah, ar-riy?dhah, al-mihnah, dan ?iy?datul mardha. 2) Hasil analisis media pembelajaran yang telah dikembangkan diketahui dari hasil uji keefektifan aplikasi baik dari segi materi dan media. Hasil uji T-test sebesar 0,002 dan hasil uji N-Gain Score adalah 0,70 atau 70% dengan kategori ?cukup efeketif? dalam meningkatkan hasil belajar Mah?rah al-Kal?m pada siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Plotagon Story KW - Maharah al-Kalam M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM BERBASIS PLOTAGON STORY DI MTS NEGERI 9 SLEMAN AV - restricted EP - 176 ER -