eprintid: 69221 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/92/21 datestamp: 2025-01-09 06:52:34 lastmod: 2025-01-09 06:52:34 status_changed: 2025-01-09 06:52:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Elis Tania, NIM.: 22204022006 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM BERBASIS PLOTAGON STORY DI MTS NEGERI 9 SLEMAN ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Plotagon Story, Maharah al-Kalam note: Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, S.Pd.I., MSI abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi terhadap penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada Mahārah al-Kalām atau keterampilan berbicara. Media yang digunakan hanya berupa buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai pendukung proses pembelajaran, ini menyebabkan kurangnya minat dan perhatian siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Sehingga siswa merasa tidak percaya diri dalam berbicara bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Plotagon Story dalam meningkatkan Mahārah al-Kalām di MTs Negeri 9 Sleman. 2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi Plotagon Story dalam meningkatkan Mahārah al-Kalām di MTs Negeri 9 Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu True Experimental Design bentuk Pre-Test Post-Test Control Group Design untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Mahārah al-Kalām. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Uji analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini adalah: 1) Video animasi untuk pembelajaran Mahārah al-Kalām menggunakan aplikasi Plotagon Story ini memuat materi-materi hiwar atau percakapan bahasa Arab dengan tema as-sā’ah, yaumiyyātunā, al-hiwāyah, ar-riyādhah, al-mihnah, dan ‘iyādatul mardha. 2) Hasil analisis media pembelajaran yang telah dikembangkan diketahui dari hasil uji keefektifan aplikasi baik dari segi materi dan media. Hasil uji T-test sebesar 0,002 dan hasil uji N-Gain Score adalah 0,70 atau 70% dengan kategori “cukup efeketif” dalam meningkatkan hasil belajar Mahārah al-Kalām pada siswa. date: 2024-11-25 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Elis Tania, NIM.: 22204022006 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM BERBASIS PLOTAGON STORY DI MTS NEGERI 9 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69221/1/22204022006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69221/2/22204022006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf