TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag. ID - digilib6928 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6928/ A1 - Cholid, NIM. 07.223.809 Y1 - 2009/07/01/ N2 - Keberhasilan da?wah Rasulullah saw dapat disimpulkan pula sebagai keberhasilan pendidikan yang merupakan tanggungjawab kenabiannya, kondisi umat yang yang jahiliyyah dapat berubah menjadi khair al-ummah, tentu hal ini mengindikasikan adanya metode-metode pendidikan beliau yang tepat dan akurat. Kondisi umat dewasa ini juga mengalami kemunduran terutama dalam hal moral, maka tentu pendidikan agama disini harus berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan umat. Sehingga seyogyanya keberhasilan pendidikan Nabi seharusnya menjadikan contoh dalam proses kependidikan., khususnya dalam metode pembelajaran Nabi saw. Penelitian penulis secara khusus mengkaji sebuah kitab karya al-Qurasyi yang menyampaikan pendidikan Rasulullah saw, apa yang menjadi materi-materi pengajaran Nabi, bagaimana beliau memenej metode-metode pengajarannya, metode pendidikan apa saja yang pernah diterapkan beliau serta apa kunci keberhasilan pembelajaran Rasul, merupakan inti permasalahan yang dikaji sehingga penulis juga akan mencari titik relevansi dan urgensi pendidikan Nabi bagi pengembangan PAI di Indonesia. Metode penelitian yang penulis terapkan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan filosofis dan historis. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa Nabi Muhammad saw dalam pembelajaran beliau mengkonsentrasikan kepada pengajaran akidah yang benar dan tazkiyah al-nafs, keseimbangan dalam ilmu dan amal, mengajarkan ilmu dan berdakwah, menjaga kesehatan jasmani dan akal serta bijaksana dalam menyikapi problem. Metode al-Qudwah, penugasan dan Targib dan tarhib merupakan metode yang umum dipakai oleh Nabi dalam pembelajaranya. Walau demikian ada kekhususan pada masingmasing materi dalam penerapan metodenya, sehingga diketahui juga bahwa Nabi sangat mengusai berbagai macam metode pengajaran, al-Qurasyi bahkan menyebutkannya sebanyak sebelas macam. Keberhasilan pendidikan Nabi Muhammad adalah karena penerapan metode cinta kasih kepada murid-muridnya, sehingga terjalin ikatan emosional yang kuat bagi mereka. Adapun relevansi penelitian ini adalah memberikan gambaran konseptual pendidikan Agama Islam terutama yang berazaskan akidah islmaiyyah, sehingga urgensi yang penulis temukan adalah perlunya redesain kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan yang diawali dengan penerapan metode cinta kasih dalam mengajar. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Nabi Muhammad saw KW - al-Qurasyi dan metode pembelajaran M1 - masters TI - MANAJEMEN METODE PEMBELAJARAN RASULULLAH SAW (Studi Atas Kitab Tarbiyah al-Nabi Liashabih Karya Khalid ?Abdullah al-Qurasyi) AV - restricted ER -