eprintid: 69317 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/93/17 datestamp: 2025-01-14 08:13:15 lastmod: 2025-01-14 08:13:15 status_changed: 2025-01-14 08:13:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Wahdah Wulidatus S.N, NIM.: 20104020033 title: TATBIQ AL MANHAJ AL DIRASIY FI HURRIYYAT AL TA'ALLUM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI MADRASAH SULTAN AGUNG AL IBTIDA'IYYAH AL ISLAMIYYAH YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASIY 2023/2024 ispublished: pub subjects: 375.006 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Bahasa Arab note: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I M.Pd.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024, dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian (2) mengetahui permasalahan yang terjadi pada saat penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan pada saat penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil objek penelitian kurikulum merdeka di MI Sultan Agung Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga alur yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles&Huberman). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta secara umum telah dilaksanakan dengan baik serta berdampak baik dalam pembelajaran. Hal ini dapat dinilai dari terciptanya pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan imlementasi kurikulum merdeka dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga penilaian. Kemudian di luar pembelajaran, peserta didik melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA) (2) permasalahan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta adalah, guru kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran, tidak adanya pembelajaran berdiferensiasi, kurangnya motivasi yang dimiliki guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan benar, dan kesulitan dalam mengimplementasikan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA) (3) upaya dalam mengatasi permasalahan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta adalah saling bertukar pikiran atau sharing antar sesame pendidik, guru mengadakan bimbingan khusus kepada peserta didik yang membutuhkan, pemaksimalan kegiatan pelatihan-pelatihan dan pendampingan yang intensif, dan perlu adanya dorongan bagi guru untuk melakukan pemahaman mandiri terkait implementasi kurikulum merdeka. date: 2024-03-27 date_type: published pages: 151 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahdah Wulidatus S.N, NIM.: 20104020033 (2024) TATBIQ AL MANHAJ AL DIRASIY FI HURRIYYAT AL TA'ALLUM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI MADRASAH SULTAN AGUNG AL IBTIDA'IYYAH AL ISLAMIYYAH YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASIY 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69317/1/20104020033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69317/2/20104020033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf