<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN"^^ . "Diskursus tentang tema pendidik dan kepribadiannya dalam al-Qur’an,\r\nmerupakan salah satu bentuk ikhtiar ilmiah yang sangat perlu dilakukan, apalagi\r\njika dikaitkan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini. Hal ini setidaknya\r\ndapat dilihat dari dua sisi penting, yakni Pertama, pendidik sebagai salah satu\r\nkomponen penting yang terdapat dalam suatu sistem kependidikan dan turut\r\nmempengaruhi oup put pelaksanaan pendidikan, dalam prakteknya tidak sedikit\r\nyang justru menjadi sumber persoalan. Kenyataan di lapangan menunjukkan\r\nbahwa ada di antara mereka yang kurang mampu melaksanakan tugas dan\r\ntanggung jawabnya dengan baik. Kedua, al-Qur’an yang diyakini sebagai kitab\r\npetunjuk dan sumber nilai bagi umat Islam, pada dasarnya banyak memberikan\r\npenjelasan bagaimana seharusnya proses pendidikan dapat dijalankan. Akan\r\ntetapi, konsep al-Qur’an ini belum banyak disistematisasikan secara konkret untuk\r\nmenjadi panduan bagi pengembangan dunia pendidikan, terutama yang berkenaan\r\ndengan konsep pendidik dan kepribadiannya. Dengan adanya kebutuhan akan\r\nhadirnya sosok pendidik yang dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta\r\nkeperluan untuk melaksanakan pendidikan yang dilandasi nilai-nilai al-Qur’an,\r\nmaka diperlukan kerangka konsep yang dapat mensinergikan keduanya dalam\r\nbentuk pengarahan pendidikan yang lebih terpadu.\r\nBerangkat dari latar belakang persoalan yang ditinjauan dari aspek teologis\r\ndan sosiologis tersebut, kami tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang konsep\r\npendidik dan kepribadiannya berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an. Adapun penelitian\r\nini terfokus kepada tiga rumuasan masalah, yakni: 1) Bagaimana konsep al-\r\nQur’an tentang pendidik 2) Bagaimana pandangan al-Qur’an mengenai\r\nkepribadian pendidik 3) Bagaimana relevansi konsep pendidik dan\r\nkepribadiannya dalam al-Qur’an dengan realitas kekinian.\r\nPenelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research). Sumber\r\ndata dalam penelitian dibagi dua, yaitu: data primer berupa al-Qur'an serta\r\ntafsiran para mufassirin yang terkompilasi dalam kitab-kitab tafsir, dan data\r\nsekunder, yakni buku-buku, jurnal, majalah atau artikel lepas yang memiliki\r\nrelevansi dan signifikansi dengan topik penelitian ini. Mengingat bahan yang\r\ndikaji adalah al-Qur’an yang diyakini memiliki nilai kebenaran mutlak, baik\r\nredaksi maupun isinya, maka secara umum pendekatan yang digunakan adalah\r\npendekatan teologis filosofis. Disamping itu digunakan pula pendekatan yang\r\nbersifat operasional untuk mengungkap maksud-maksud ayat yang dibahas, yakni\r\ndengan menggunakan pendekatan linguistik, semiotik, hermeneutik dan psikologi.\r\nAdapun metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode tafsir tematik\r\n(maudu’iy).\r\nHasil analisis deskriptif mengungkapkan, setidaknya ada tiga istilah dalam\r\nal-Qur’an yang bebicara tentang tema pendidik dan kepribadiannya, yakni almurabbi>\r\nyang seakar dengan kata rabb, al-mu’allim yang berasal dari kata ‘alimaya'lamu\r\ndan ‘allama-yu’allimu serta konsep ahl aŜ–Ŝikr. Dari ketiga istilah\r\ntersebut dapat disimpulkan: Pertama, melalui konsep al-murabbi>, pendidik adalah\r\npemelihara, pendidik, pemberi petunjuk (penuntun), dan pelindung, terutama bagi\r\nanak didiknya. Dari konsep al-mu'allim, pendidikan adalah pengajar, sedangkan\r\ndari kata ahl aŜ-Ŝikr, pendidik adalah ahli ilmu.\r\nKedua, di antara sifat-sifat atau kepribadian yang mesti dimiliki oleh\r\npendidik berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an, baik melalui konsep al-murabbi>, almu’allim\r\nmaupun ahl aŜ–Ŝikr adalah memiliki hikmah, yakni hikmah yang\r\nmencakup sifat jujur (s}idiq), istiqamah, cerdas (fat}anah), amanah (dapat\r\ndipercaya) dan tablig (menyampaikan), ikhlas, rendah hati, pembelajar, toleran\r\ndan menghargai, pengasih dan penyayang, bijaksana, pemurah atau dermawan\r\n(terpuji), pengampun (pemaaf), serta bertutut kata yang baik dan menyentuh jiwa.\r\nKetiga, konsep pendidik dan kepribadiannya dalam al-Qur’an memiliki\r\nrelevansi yang sangat erat dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Dunia\r\npendidikan yang sampai saat ini tengah berhadapan dengan kemajuan peradaban\r\nglobalisasi, perlu melakukan pembenahan untuk menghasilkan sumber daya\r\nmanusia yang siap mengahadapi berbagai tantangan dalam kehidupannya.\r\nPengaruh globalisasi yang memiliki dua kecenderungan, yakni manfaat (positif)\r\ndan mudharat (negatif), mengharuskan setiap orang memiliki bekal yang cukup\r\ntidak hanya dalam aspek lahiriah dan keilmuan, melainkan juga dalam aspek\r\nmoral dan tata nilai. Dengan demikian, konsep pendidik sebagai pemelihara,\r\npendidik, pemberi petunjuk (penuntun), dan pelindung, maupun sifat-sifat mulia,\r\nseperti memiliki hikmah, yakni hikmah yang mencakup sifat jujur (s}idiq),\r\nistiqamah, cerdas (fat}anah), amanah (dapat dipercaya) dan tablig\r\n(menyampaikan), ikhlas, rendah hati, pembelajar, toleran dan menghargai,\r\npengasih dan penyayang, bijaksana, pemurah atau dermawan (terpuji),\r\npengampun (pemaaf), serta bertutut kata yang baik dan menyentuh jiwa,\r\nmerupakan konsep nilai yang sudah seharusnya dapat dijalankan dengan baik\r\noleh setiap pendidik."^^ . "2010-03-17" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08.221.851"^^ . "HIFZA"^^ . "NIM. 08.221.851 HIFZA"^^ . . . . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6938 \n\nPENDIDIK DAN KEPRIBADIANNYA DALAM AL-QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .