<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)"^^ . "Saat ini fenomena transgender semakin menonjol di tengan masyarakat terutama di Indonesia. Maraknya fenomena transgender memunculkan perdebatan di kalangan masyarakat, banyak diantaranya menolak karena dianggap bertentangan dengan fitrah manusia. Transgender merupakan salah satu isu yang terkait dengan identitas seksual, selain gay, lesbian, dan biseksual yang dikenal dengan singkatan LGBTQ+. Transgender mencerminkan ketidaksesuaian antara identitas fisik dan jenis kelamin yang dirasakan oleh individu tersebut. Salah satu ayat Al-Qur’an yang dijadikan rujukan dalam perdebatan transgender adalah QS. Ar-Rum [30]: 30. Definisi kata fiṭrah di sini telah berkembang, tidak hanya sebatas dimensi agama, yaitu fitrah bertuhan tetapi juga mencakup aspek-aspek lainnya, seperti jenis kelamin yang dianggap sebagai bagian dari kodrat yang ditentukan oleh Allah ketika seseorang lahir.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi teks dan sumber pengumpulan data literatur. Secara khusus penelitian ini mengeksplorasi pemaknaan fiṭrah dalam QS. Ar-Rum [30]: 30 melalui pendekatan kontekstual Abdullah Saeed. Pendekatan kontekstual Abdullah Saeed menekankan pentingnya memahami Al-Qur’an dalam kaitannya dengan realitas sosial dan budaya kontemporer dengan tetap merujuk kepada makna historis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana makna historis QS. Ar-Rum [30]: 30 dan mengkontekstualisasikannya dengan isu kontemporer, yaitu transgender.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, fiṭrah dalam QS. Ar-Rum [30]: 30 memiliki makna historis dalam konteks fitrah manusia. Ayat ini menekankan kecenderungan manusia untuk menyembah Tuhan, dengan menyoroti kekuasaan-Nya melalui penciptaan langit, bumi, dan segala isinya. Dalam konteks abad ke-7, ayat ini muncul di tengah masyarakat Makkah yang cenderung menyimpang dari agama ḥanīf, sehingga menciptakan makna universal terkait penciptaan dan makna partikular yang mencakup berbagai bentuk fitrah, termasuk fitrah berakal, jasmaniyah, insaniyah, dan beribadah. Kedua, penelitian ini juga menampilkan nilai universal dan partikular. QS. Ar-Rum [30]: 30 dengan fenomena transgender dan orientasi seksual non-heteroseksual yang melibatkan aspek biologi, psikologis, dan sosial. Di Indonesia, terdapat ketentuan hukum yang memungkinkan individu untuk melakukan perubahan jenis kelamin berdasarkan diagnosis gangguan perkembangan seksual, seperti kelainan hormon atau kondisi interseks (kelamin ganda), dengan syarat adanya bukti medis yang valid dan persetujuan pengadilan. Dalam hal ini, kondisi biologi seperti interseks termasuk dalam fitrah, sehingga operasi jenis kelamin diperbolehkan untuk menyesuaikan kondisi fisik dengan jenis kelamin yang lebih dominan. Namun, jika permasalahan transgender lebih disebabkan oleh faktor psikologis atau sosial, kepemilikan jenis kelamin dilarang karena dianggap bertentangan dengan fitrah penciptaan manusia sebagaimana telah ditetapkan Allah."^^ . "2024-12-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21105030026"^^ . "Mutia Nazula Pinta Kharisma"^^ . "NIM.: 21105030026 Mutia Nazula Pinta Kharisma"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . . . "21105030026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #69388 \n\nIMPLEMENTASI MAKNA FITRAH DALAM QS. AR-RUM [30]: 30 DENGAN FENOMENA TRANSGENDER (APLIKASI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)\n\n" . "text/html" . . . "297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir" . .