<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Pendidikan dilaksanakan untuk mengawal tumbuh kembang manusia\r\nsepanjang rentang kehidupannya mulai dari dalam kandungan hingga akhir\r\nhayatnya (long life education). Akan tetapi akhir-akhir ini banyak sekali praktikpraktik\r\npendidikan formal maupun non formal yang justru malah mengacaukan\r\nperjalanan tumbuh kembang manusia, anak didik masuk sekolah guna\r\nmempersiapkan tantangan dimasa depan akan tetapi setelah menyelesaikan proses\r\npembelajarannya anak didik merasa asing dalam lingkungannya ditambah lagi\r\nanak didik sebagian merasa kurang percaya diri dan timbullah ketergantungan\r\nterhadap ijazah, sehingga dari tahun ketahun semakin bertambahlah para\r\npengangguran dan ironisnya mereka adalah golongan intelek.\r\nDari latar belakang masalah tersebut memunculkan beberapa petanyaan:\r\n1)Mengapa pendidikan selama ini kurang memberikan solusi bagi problem\r\nmasyarakat? 2) Bagaimanakah proses pemberdayaan masyarakat bagi peningkatan\r\npendidikan? 3) Bagaimana konsep pendidikan berbasis masyarakat dan Relevansi\r\ndengan pendidikan Islam? Bahasan ini berusaha mengupas dan membahas tentang\r\nbagaimanakah sebenarnya alternatif model pendidikan yang bisa berguna bagi\r\nanak didik dalam lingkungan serta memberdayakan lingkungan dengan segala\r\nketerbatasan dan potensi yang ada dalam masyarakat tersebut\r\nPenelitian ini termasuk library reseach,yaitu sumber primer datanya dari\r\nal-Qur'an, dan dibantu analisanya dengan beberapa pemikiran dari para tokoh\r\nmufassir dan tokoh-tokoh pendidikan tentang tema Pendidikan Berbasis\r\nMasyarakat. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah content analysis dan\r\ninterpretatif hermeneutik\r\nHasil penelitian ini adalah bahwasannya dari segi tujuan pendidikan\r\nberbasis masyarakat dengan pendidikan Islam terdapat beberapa unsur yang\r\nrelevan diantaranya akhlak dan terciptanya pendidikan seumur hidup. akhlak\r\nmempunyai penjabaran yang sangat luas, kata akhlak ada dua macam yakni\r\nmahmudah dan mazmu’ah. Dalam uraian akhlak mahmudah tersirat makna\r\nmelakukan sesuatu hal yang baik pada kondisi dan situai tertentu hal ini mungkin\r\nsearah dengan action. Jadi menurut analisa penulis ada relevansi antara tujuan\r\npendidikan berbasis masyarakat dengan tujuan pendidikan Islam pada umumnya\r\nyakni menjadikan pribadi yang mempunyai akhlak mulia atau terpuji.\r\nKalau kita lihat lebih dalam, Pendidikan berbasis masyarakat\r\nmengedepankan action (tindakan atau sikap) guna mengatasi berbagai kekurangan\r\nyang mencakup beberapa aspek baik skill, penyuluhan ekonomi maupun agama.\r\nAction disini dapat sebut sebagai akhlak mahmudah: sebagai gambaran sebuah\r\nmasyarakat mengetahui ada salah satu aspek yang mengalami permasalahan atau\r\nkekurangan, kemudian dengan situasi dan kondisi seperti ini pendidikan berbasis melakukan sebuah action, yakni action yang sesuai dengan situasi dan kondisi\r\nsingkat kata action yang memberi manfaat.\r\nKemudian terciptanya pendidikan seumur hidup pada pendidikan berbasis\r\nmasyarakat seperti yang diterangkan diatas, pendidikan tersebut secara tidak\r\nlangsung masyarakat dituntut untuk selalu kritis dalam setiap kekurangan atau\r\npermasalahan yang terjadi dalam wilayah masyarakat tersebut. Dengan begitu\r\nseiring berjalannya proses yang selalu kritis maka muncullah proses belajar yang\r\nterus-menerus atau bisa disebut juga dengan belajar seumur hidup.\r\nHal ini sesuai dengan pendidikan Islam yang mengusung paradigma\r\nbelajar “tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat”. Arti luas pendidikan\r\nseumur hidup atau bias disebut juga dengan pendidikan sepanjang hayat (lifelong\r\neducation). Hasil penelitian ini diharapkan menjadikan kontribusi dalam keilmuan\r\nmaupun praktik pendidikan bahwasannya pendidikan menjadi basic guna\r\nmenghadapi tantangan anak didik bukan menjadi salah satu penghambat daya\r\nkreatifitas anak didik."^^ . "2010-05-03" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07.221.695"^^ . "Masyruhin Rosyid"^^ . "NIM. 07.221.695 Masyruhin Rosyid"^^ . . . . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6939 \n\nRELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .