<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR"^^ . "Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah atau di madrasah, dalam\r\npelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasahalan yang kurang menyenangkan.\r\nSeperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah saat ini\r\nmasih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam.” Hanya\r\nsedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa. Hal ini\r\ndapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan guru masih dominan ceramah atau\r\npembelajaran yang bercorak tradisonal cenderung teacher centered, top down, siswa\r\npasif, dan sangat text book. Model pembelajaran tersebut tidak saja menjenuhkan bagi\r\npeserta didik, akan tetapi juga membunuh kreatifitas, daya nalar, dan tidak meaningful\r\nkarena apa yang dipelajari siswa di kelas sangat jauh dengan realitas yang ada, bahkan\r\ncenderung abstrak. Proses internalisasi tidak secara otomatis terjadi ketika nilai-nilai\r\ntertentu sudah dipahami oleh siswa. Artinya, metode ceramah yang digunakan guru ketika\r\nmengajar PAI berpeluang besar gagalnya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada\r\ndiri siswa, hal ini disebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar materi Pendidikan\r\nAgama Islam.\r\nBerawal dari latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan mengubah proses\r\nbelajar di kelas dari corak tradisional ke corak kooperatif yang di dalamnya inheren\r\npengembangan kecerdasan majemuk. Implementasi pembelajaran kooperatif pada PAI\r\ndalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi\r\npelajaran PAI, meningkatkan prestasi belajar PAI, dan menjadikan PAI sebagai bagian\r\ndalam dalam kehidupan peserta didik.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian terapan yang bertujuan untuk menerapkan\r\nkonsepsi tentang multiple intelegences dan pembelajaran kooperatif. Pendekatan yang\r\ndigunakan adalah pendekatan action research. Action research merupakan kajian tentang\r\nsituasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya.\r\nLangkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas menjadi perencanaan tindakan,\r\ntindakan, observasi, dan diakhiri dengan refleksi dalam setiap siklusnya.\r\nHasil penelitian menunjukan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam\r\npembelajaran PAI mampu meningkatkan aktivitas belajar PAI siswa. Pada siklus I\r\nkeaktifan siswa sebesar 76%, sedangkan siklus II sebesar 88%, dengan rata-rata siklus I\r\ndan siklus II sebesar 82%. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw juga dapat\r\nmeningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Hal ini terlihat dari prosentase peningkatan\r\nmotivasi belajar PAI siswa sebesar 32.19% pada data awal (sebelum diterapkan model\r\nKooperatif Tipe Jigsaw) sebesar 49.31%, dan meningkat pada siklus I sebesar 77.66%,\r\nserta pada siklus II sebesar 81.50% setelah diterapkan model Kooperatif Tipe Jigsaw,\r\natau meningkat 3.84% dari siklus I ke Siklus II baik diluar maupun di dalam kelas.\r\nDengan rata-rata prosentase nilai motivasi belajar PAI siswa antara siklus I dan siklus II\r\nsebesar 79.58%. Prestasi belajar PAI siswa juga mengalami peningkatan setelah\r\nditerapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hal ini terlihat dari\r\nprosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 81.25%, dan pada\r\nsiklus II sebesar 90.63%. Dengan rata-rata peningkatan siklus I dan siklus II dari data\r\nawal sebesar 85.94%. 100% siswa baru mengaplikasikan model pembelajaran Kooperatif\r\nTipe Jigsaw di kelas pada pelajaran PAI, dan belum mnerapkan pada mata pelajaran lain."^^ . "2010-06-10" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08221030"^^ . "Aang Taufik"^^ . "NIM. 08221030 Aang Taufik"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6940 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .