<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30"^^ . "Pendidikan Islam mengidentifikasikan sasarannya pada empat pengembangan\r\nfungsi manusia, yaitu menyadarkan manusia sebagai makhluk individu, menyadarkan\r\nfungsi manusia sebagai makhluk sosial, menyadarkan manusia sebagai hamba Allah\r\nSWT, menyadarkan manusia sebagai khalîfah di muka bumi. Keempat sasaran\r\npengembangan tersebut semakin lama makin tereduksi oleh arus globalisasi. Selain itu\r\ndunia pendidikan dihadapkan pada persoalan semakin merosotnya akhlak di kalangan\r\npelajar; seperti tawuran pelajar/mahasiswa yang semuanya bermuara pada tindak\r\nkekerasan. Nilai-nilai universal seperti kasih sayang seolah tidak lagi menjadi milik\r\nbersama. Pendidik sebagai individu yang berhadapan langsung dengan peserta didik\r\nmemiliki peran strategis dalam pembentukan karakter peserta didik. Sudah selayaknya\r\npendidik melakukan introspeksi diri terhadap apa yang telah dilakukan, apakah proses\r\npendidikan yang dijalankan selama ini ada yang tidak sesuai dengan landasannya.\r\nBerangkat dari persoalan tersebut penulis mengangkat penelitian dengan judul ”Aspekaspek\r\nPendidikan dalam Q.S. al-Rahmân (55): 1-30”.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melakukan studi kepustakaan\r\nterhadap Q.S. al-Rahmân (55): 1-30. Pendekatan yang digunakan adalah ilmu\r\npendidikan. Pembahasan ini didasarkan pada Tafsir al-Misbah karya M.Quraish Shihab,\r\nTafsîr al-Marâgî karya Ahmad Mustafa al-Maragi (sebagai sumber primernya) tentang\r\npenafsiran ayat-ayat tersebut. Ayat demi ayat dikaji dengan menelaah penafsiran yang\r\ntelah ada, kemudian memadukannya dengan pendapat-pendapat ahli pendidikan atau\r\nteori-teori pendidikan sehingga tujuan penelitian ini; untuk mendapatkan aspek-aspek\r\npendidikan dalam ayat-ayat tersebut.\r\nSetelah melakukan kajian didapatkan hasil penelitian sebagai berikut. Aspekaspek\r\npendidikan dalam Q.S. al-Rahmân (55): 1-30 ada dua bagian yakni memuat unsurunsur\r\npendidikan dan pendidikan nilai. Unsur-unsur pendidikan mencakup enam bagian.\r\nPertama, Allah swt sebagai pendidik utama yang memiliki sifat al-Rahmân. Kedua,\r\npeserta didik (al-insân, dipahami sebagai manusia yang terdiri dari jasmani, rohani dan\r\nakal). Ketiga sumber pendidikan yakni ayat-ayat qauliyah dan kauniyah. Keempat, materi\r\npendidikan yakni tentang kosmos. Kelima, metode repetisi; diinspirasikan dari\r\npengulangan ayat fabiayyi âlâi Rabbikumâ tukażżibân. Keenam, tujuan pendidikan Islam\r\nadalah pengembangan jasmani, rohani dan akal. Penggabungan aspek jasmani, rohani dan\r\nakal sehingga menjadi pribadi yang utuh (insân kâmil) merupakan wujud pengembangan\r\npendidikan sosial. Pendidikan nilai di dalamnya memuat bersyukur, keseimbangan,\r\nketeraturan dan keadilan.\r\nPenelitian ini dapat dijadikan refleksi bagi pendidik tentang arti pentingnya tugas\r\nseorang pendidik. Pendidik yang memiliki kesiapan merefleksikan sifat al-Rahmân\r\nmenjadikan pendidikan sangat humanis, jauh dari kekerasan. Kondisi seperti memberi\r\ndampak bagi pembentukan karakter peserta didik, karena pendidik sebagai teladan\r\nbaginya. Individu yang memahami perannya sebagai pendidik diharapkan memberikan\r\nlayanan pendidikan secara optimal. Pendidikan yang optimal mampu mengembangkan\r\nsemua aspek dalam diri manusia (peserta didik); jasmani, rohani dan akal. Penggabungan\r\ndari pembinaaan jasmani, rohani dan akal menjadi manusia yang sempurna (insân kâmil)\r\nmerupakan wujud pengembangan pendidikan sosial Pengabaian terhadap pengembangan\r\nsalah satunya sama artinya menafikan hakekat manusia yang sesungguhnya."^^ . "2011-05-06" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09.226.019"^^ . "Fatimatuz Zahro"^^ . "NIM. 09.226.019 Fatimatuz Zahro"^^ . . . . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Text)"^^ . . . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . . "ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6941 \n\nASPEK-ASPEK PENDIDIKAN DALAM Q.S. AL-RAHMÂN (55): 1-30\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .