TY - THES N1 - Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd. ID - digilib69418 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69418/ A1 - Shofiyatuz Zahro, NIM.: 18104080069 Y1 - 2024/08/21/ N2 - Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi nilai-nilai toleransi di SDN 2 Tlogowatu Kemalang Klaten, (2) bagaimana hasil implementasi nilai-nilai toleransi siswa kelas 5 di SDN 2 Tlogowatu Kemalang Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini Kepala Sekolah, Wali Kelas 5, dan Siswa Kelas 5. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan SDN 2 Tlogowatu Kemalang Klaten mengimplementasikan nilai-nilai toleransi berupa Memahami perbedaan, dengan kegiatan pembiasaan keagamaan di pagi hari; Membangun rasa saling percaya, dengan kegiatan Pramuka dan Market Day; Memelihara rasa saling mengerti, dengan kegiatan gotong royong; dan Menjunjung tinggi sikap saling menghargai, dengan kegiatan peringatan hari-hari besar. Hasil yang dicapai dalam implementasi nilai-nilai toleransi siswa kelas 5 terbukti pada perilaku sehari-hari siswa, saat kegiatan market day, siswa dilatih untuk kerjasama secara tim, bernegosiasi antar penjual dan pembeli, mempresentasikan tentang produknya, serta mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah. Sehingga mendapat hasil bahwa siswa kelas 5 di SDN 2 Tlogowatu Kemalang Klaten berempati dengan baik, toleransi dengan baik, percaya diri dengan baik, bertanggung jawab dengan baik, dan menghargai dengan baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - empati; nilai-nilai toleransi; market day; percaya diri; sekolah dasar M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI SISWA KELAS 5 SDN 2 TLOGOWATU KEMALANG KLATEN AV - restricted EP - 119 ER -