TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. ID - digilib6945 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6945/ A1 - BUNIAMIN, NIM. 09.226.083 Y1 - 2011/05/26/ N2 - Tekhnologi yang canggih dan modern ternyata belum mampu menggantikan peran dan fungsi guru dalam proses pembelajaran. Kehadiran guru disekolah sangat diperlukan dalam rangka membentuk peserta didik yang bertingkah laku baik dan meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini berangkat dari keprihatinan terhadap kegiatan belajar-mengajar di MTs Negeri Jeureula Aceh Besar, dimana guru kurang disiplin terhadap waktu yang telah ditetapkan, sanksi terhadap guru yang kurang disiplin tidak ditegakkan, komitmen dan tanggung jawab guru dalam menjalankan tugas sehari-hari belum menjadikan perhatian yang serius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja dan komitmen guru SKI dalam pembelajaran, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat kinerja guru, serta upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Kerangka teori yang dibangun berdasarkan teori-teori kinerja guru, untuk melihat baik burunya kinerja seorang guru maka harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi kinerja itu sendiri yaitu fakto ability dan motivation. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan tehnik mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian terhadap kinerja guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pembelajaran di MTs Negeri Jeureula Aceh Besar dalam hal: a) Kemampuan dalam perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi pembelajaran termasuk dalam katagori baik, tapi belum maksimal, b) motivasi, ada dua katagori motivasi guru yaitu kategori positif seperti mengajar adalah panggilan hati nurani, profesi guru adalah sangat mulia, motivasi guru ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang sangat mendukung dan situasi kerja yang nyaman. Motivasi negatif disebabkan ketidakpuasan dalam bekerja, sarana yang kurang memadai dan kurangnya pengawasan dari pimpinan, c) Komitmen guru, tanggung jawab guru terhadap perkembangan belajar anak didik, dan bekerja sama dengan teman sejawat sudah terlihat baik, tapi komitmen terhadap kedisiplinan masih kurang baik, d) Faktor pendukung kinerja guru keikhlasan guru dalam mengabdi untuk mengharapkan barokah dari Allah, guru yang sudah profesional, perubahan arah pendidikan dari desentralisasi ke sentralisasi. Faktor ekstrinsik, kondisi geografis yang strategis, lingkungan sosial yang kondusif. Faktor penghambat kinerja guru, materi ajar yang terlalu banyak, kurang kreatif dalam mengembangkan metode mengajar, dan latar belakang ekonomi keluarga siswa. sedangkan upaya peningkatan kinerja guru dilakukan oleh komponen: guru, sekolah, pemerintah dan masyarakat. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - kinerja KW - guru sejarah KW - kebudayaan islam M1 - masters TI - KINERJA GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JEUREULA ACEH BESAR AV - restricted ER -