eprintid: 69457 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/94/57 datestamp: 2025-01-17 07:43:33 lastmod: 2025-01-17 07:43:33 status_changed: 2025-01-17 07:43:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muharir, NIM.: 22204092015 title: PENGELOLAAN KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMPN 15 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: policy management; child-friendly school; self-actualization note: Dr. H. Sumedi, M.Ag abstract: Pendidikan berperan penting dalam mengembangkan potensi anak, baik dari segi minat maupun bakat. Namun, tantangan seperti kekerasan di sekolah dan tekanan akademik yang berlebihan sering kali menghambat siswa untuk mencapai aktualisasi diri secara optimal. Kebijakan sekolah ramah anak hadir sebagai solusi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif, serta menghormati hak-hak siswa. Melalui kebijakan yang tepat, sekolah dapat mendukung perkembangan psikologis, emosional, dan sosial siswa, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dan mampu mengembangkan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan kebijakan sekolah ramah anak dalam meningkatkan aktualisasi diri siswa di SMPN 15 Yogyakarta, serta bagaimana kontribusi kebijakan sekolah ramah anak dalam meningkatkan aktualisasi diri siswa di SMPN 15 Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pertama, pengelolaan kebijakan sekolah ramah anak dalam meningkatkan aktualisasi diri di SMPN 15 Yogyakarta dirancang dengan baik melalui perencanaan yang holistik, pelaksanaan yang efektif, serta evaluasi yang konsisten. Kedua, kebijakan sekolah ramah anak memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan rasa percaya diri, pengembangan keterampilan sosial, serta mendukung bakat dan minat siswa. Ketiga, pengelolaan kebijakan sekolah ramah anak berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi aktualisasi diri siswa, serta mendorong partisipasi aktif dari siswa, guru, dan orang tua dalam membangun pendidikan yang inklusif dan mendukung perkembangan potensi siswa secara menyeluruh. date: 2024-11-07 date_type: published pages: 160 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Muharir, NIM.: 22204092015 (2024) PENGELOLAAN KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMPN 15 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69457/1/22204092015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69457/2/22204092015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf