relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69460/ title: ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN STRATEGI DAN MUTU PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR creator: Muh. Asharif Suleman, NIM.: 22204082005 subject: 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar description: Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengidentifikasi kompetensi profesional guru di SD Negeri Nolobangsan, untuk menemukan keterkaitan antara kompetensi profesional guru dengan strategi dan mutu pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, dan untuk menemukan implikasi dari kompetensi profesional guru dengan strategi dan mutu pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Nolobangsan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data yaitu narasumber kepala sekolah, narasumber guru, narasumber siswa dan data sekunder menurut para ahli atau literature. Teknis analisis data berupa analisis data kualitatif dengan desain deskriptif berdasar pada buku Creswell yang terdiri dari 7 tahapan; organizing and preparing, reading through all the data, coding the data, identifying themes, developing a story line, adding a analytic framework and representing/interpreting the data. Hasil penelitian pertama kompetensi profesional guru di SD Negeri Nolobangsan menunjukkan peran yang sangat penting dan aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Terbukti dengan para guru secara aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pengembangan profesional seperti pelatihan, platform daring PMM, seminar, workshop, dan webinar, baik di tingkat sekolah, kecamatan. Kedua, penelitian ini membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara kompetensi profesional guru di SD Negeri Nolobangsan dengan strategi dan mutu pembelajaran yaitu memiliki peran penting dan berkontribusi dalam meningkatkan penerapan strategi pembelajaran yang efektif dan peningkatan mutu pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Guru yang profesional mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan, sehingga membantu mengembangkan kompetensi siswa. Ketiga, kompetensi profesional guru memiliki implikasi signifikan terhadap strategi dan mutu pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Guru yang kompeten dapat memilih strategi yang sesuai, menyusun materi relevan, memenuhi kebutuhan siswa, melibatkan siswa aktif, dan melaksanakan evaluasi berkelanjutan, sehingga meningkatkan aktivitas belajar dan menciptakan pembelajaran yang bermutu. date: 2024-11-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69460/1/22204082005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69460/2/22204082005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Muh. Asharif Suleman, NIM.: 22204082005 (2024) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN STRATEGI DAN MUTU PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.