eprintid: 69460 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/94/60 datestamp: 2025-01-17 07:52:12 lastmod: 2025-01-17 07:52:12 status_changed: 2025-01-17 07:52:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muh. Asharif Suleman, NIM.: 22204082005 title: ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN STRATEGI DAN MUTU PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 371.1 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: teacher professional competence; learning strategies; learning quality, independent curriculum note: Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd abstract: Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengidentifikasi kompetensi profesional guru di SD Negeri Nolobangsan, untuk menemukan keterkaitan antara kompetensi profesional guru dengan strategi dan mutu pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, dan untuk menemukan implikasi dari kompetensi profesional guru dengan strategi dan mutu pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Nolobangsan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data yaitu narasumber kepala sekolah, narasumber guru, narasumber siswa dan data sekunder menurut para ahli atau literature. Teknis analisis data berupa analisis data kualitatif dengan desain deskriptif berdasar pada buku Creswell yang terdiri dari 7 tahapan; organizing and preparing, reading through all the data, coding the data, identifying themes, developing a story line, adding a analytic framework and representing/interpreting the data. Hasil penelitian pertama kompetensi profesional guru di SD Negeri Nolobangsan menunjukkan peran yang sangat penting dan aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Terbukti dengan para guru secara aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pengembangan profesional seperti pelatihan, platform daring PMM, seminar, workshop, dan webinar, baik di tingkat sekolah, kecamatan. Kedua, penelitian ini membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara kompetensi profesional guru di SD Negeri Nolobangsan dengan strategi dan mutu pembelajaran yaitu memiliki peran penting dan berkontribusi dalam meningkatkan penerapan strategi pembelajaran yang efektif dan peningkatan mutu pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Guru yang profesional mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan, sehingga membantu mengembangkan kompetensi siswa. Ketiga, kompetensi profesional guru memiliki implikasi signifikan terhadap strategi dan mutu pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Guru yang kompeten dapat memilih strategi yang sesuai, menyusun materi relevan, memenuhi kebutuhan siswa, melibatkan siswa aktif, dan melaksanakan evaluasi berkelanjutan, sehingga meningkatkan aktivitas belajar dan menciptakan pembelajaran yang bermutu. date: 2024-11-28 date_type: published pages: 315 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Muh. Asharif Suleman, NIM.: 22204082005 (2024) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN STRATEGI DAN MUTU PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69460/1/22204082005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69460/2/22204082005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf