%0 Thesis %9 Skripsi %A Safira Afifah Sabrina, NIM.: 21104060014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:69461 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pedagogi digital; pedagogical orientation; pedagogical practices; digital pedagogical competencies %P 58 %T KEMAMPUAN PEDAGOGI DIGITAL CALON GURU KIMIA DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN INDONESIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69461/ %X Mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran kimia merupakan suatu tuntutan di era ini dan ini didefinisikan sebagai pedagogi digital. Ini terdiri dari tiga konstruk yaitu pedagogical orientation, pedagogical practices dan digital pedagogical competencies. Penelitian ini akan menganalisis konstruk mana yang paling mempengaruhi terbentuknya pedagogi digital calon guru kimia. Untuk itu, dilakukan survei kepada 158 orang calon guru kimia dari tujuh universitas dipilih secara random. Data yang dianalisis menggunakan SMART PLS versi 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan variabel pedagogical orientation memainkan peran paling dominan, dibuktikan kebenarannya dengan melihat nilai t-hitung variabel pedagogical orientation adalah sebesar 28,761 yang dimana lebih besar dari dua variabel lain, sehingga pengaruh yang diberikan oleh variabel pedagogical orientation pun akan lebih besar dibandingkan dengan dua variabel yang lain. Pedagogical orientation calon guru seharusnya berkembang selama proses perkuliahan di universitas karena kegiatan pendidikanlah yang menciptakan kondisi terbaik untuk pengembangan diri dan pertumbuhan pribadi guru masa depan. Oleh karena itu, perlu adanya rancangan kegiatan dalam peningkatan pedagogical orientation calon guru seperti workshop, pelatihan IT, dan pelatihan media pembelajaran. %Z Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.