eprintid: 69461 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/94/61 datestamp: 2025-01-17 07:56:54 lastmod: 2025-01-17 07:56:54 status_changed: 2025-01-17 07:56:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Safira Afifah Sabrina, NIM.: 21104060014 title: KEMAMPUAN PEDAGOGI DIGITAL CALON GURU KIMIA DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN INDONESIA ispublished: pub subjects: 371.1 subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: pedagogi digital; pedagogical orientation; pedagogical practices; digital pedagogical competencies note: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. abstract: Mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran kimia merupakan suatu tuntutan di era ini dan ini didefinisikan sebagai pedagogi digital. Ini terdiri dari tiga konstruk yaitu pedagogical orientation, pedagogical practices dan digital pedagogical competencies. Penelitian ini akan menganalisis konstruk mana yang paling mempengaruhi terbentuknya pedagogi digital calon guru kimia. Untuk itu, dilakukan survei kepada 158 orang calon guru kimia dari tujuh universitas dipilih secara random. Data yang dianalisis menggunakan SMART PLS versi 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan variabel pedagogical orientation memainkan peran paling dominan, dibuktikan kebenarannya dengan melihat nilai t-hitung variabel pedagogical orientation adalah sebesar 28,761 yang dimana lebih besar dari dua variabel lain, sehingga pengaruh yang diberikan oleh variabel pedagogical orientation pun akan lebih besar dibandingkan dengan dua variabel yang lain. Pedagogical orientation calon guru seharusnya berkembang selama proses perkuliahan di universitas karena kegiatan pendidikanlah yang menciptakan kondisi terbaik untuk pengembangan diri dan pertumbuhan pribadi guru masa depan. Oleh karena itu, perlu adanya rancangan kegiatan dalam peningkatan pedagogical orientation calon guru seperti workshop, pelatihan IT, dan pelatihan media pembelajaran. date: 2024-11-26 date_type: published pages: 58 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Safira Afifah Sabrina, NIM.: 21104060014 (2024) KEMAMPUAN PEDAGOGI DIGITAL CALON GURU KIMIA DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69461/1/21104060014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69461/2/21104060014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf