eprintid: 69465 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/94/65 datestamp: 2025-01-17 08:49:28 lastmod: 2025-01-17 08:49:28 status_changed: 2025-01-17 08:49:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Zakiyah Latifah Buja, NIM.: 21104080052 title: PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: learning discipline; reward and punishment; learning note: Dr. Luluk Mauluah, M.Si, M.Pd. abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pemberian reward dan punishment akan meningkatkan disiplin belajar dalam pembelajaran di kelas 5F SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Cara pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang berbasis kelas dan dilakukan di dalam kelas, yang dilakukan secara bertahap dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research dengan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta dan subjek penelitian yaitu siswa kelas 5F yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian yang terdiri dari instrumen observasi kedisiplinan belajar siswa, instrumen observasi aktivitas guru, instrumen wawancara guru, dan instrumen wawancara siswa. Penelitian ini menggunakan kriteria keberhasilan dengan standart nilai rata-rata 80% dengan kategori “baik” dari hasil observasi kedisiplinan siswa dan observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil observasi kedisiplinan siswa, pada siklus I pertemuan kedua memperoleh hasil 75% dengan kategori “cukup” dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 87% dengan kategori “baik”. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan kedua memperoleh hasil 73% dengan kategori “cukup” dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 82% dengan kategori “baik” dan tindakan dihentikan di siklus II. Maka dari itu, dengan menerapkan reward dan punishment terbukti dapat meningkatkan disiplin belajar siswa. date: 2024-11-28 date_type: published pages: 185 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zakiyah Latifah Buja, NIM.: 21104080052 (2024) PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69465/1/21104080052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69465/2/21104080052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf