%A NIM. 09.226.087 Alam Sriyanto %O Pembimbing : Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. %T KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH %X Tesis ini membahas kajian tentang “Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah”, masalah kajian meliputi; Bagaimana kompetensi guru dalam penyusunan KTSP Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di lingkungan KKM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah? Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penyusunan KTSP bidang studi SKI di lingkungan KKM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah? Mengikuti paradigma kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan proses analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara garis besar dalam penyusunan KTSP, setiap guru mestinya memiliki kompetensi dalam penyusunan silabus maupun dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sebab silabus dan RPP merupakan kerangka inti dari KTSP. Dari hasil observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen yang berkaitan dengan penyusunan KTSP bidang studi SKI di wilayah KKM Tingkat MTs. Kabupaten Sigi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru SKI di wilayah KKM Tingkat MTs. Kabupaten Sigi dalam penyusunan KTSP adalah baik, sebab: Pertama, mampu merealisasikan enam dari tujuh indikator kompetensi dalam penyusunan silabus, meliputi; memahami Standar Kompetensi Kompetensi Dasar (SKKD), mampu menentukan materi standar sesuai SKKD, mampu menentukan kegiatan pembelajaran, mampu merumuskan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran, mampu menentukan bentuk penilaian, mampu mengalokasikan waktu. Kedua, mampu merealisasikan empat dari enam indikator dalam penyusunan RPP, meliputi; mampu menentukan materi berdasarkan indikator dalam silabus, mampu menentukan strategi dan metode pembelajaran, mampu megembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan metode pembelajaran, mampu menjabarkan teknik evaluasi. %K kompetensi guru, sejarah kebudayaan islam %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6947