eprintid: 6947 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/69/47 datestamp: 2013-02-13 16:41:19 lastmod: 2015-04-24 08:30:58 status_changed: 2013-02-13 16:41:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alam Sriyanto, NIM. 09.226.087 title: KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH ispublished: pub subjects: P divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: kompetensi guru, sejarah kebudayaan islam note: Pembimbing : Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. abstract: Tesis ini membahas kajian tentang “Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah”, masalah kajian meliputi; Bagaimana kompetensi guru dalam penyusunan KTSP Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di lingkungan KKM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah? Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penyusunan KTSP bidang studi SKI di lingkungan KKM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah? Mengikuti paradigma kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan proses analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara garis besar dalam penyusunan KTSP, setiap guru mestinya memiliki kompetensi dalam penyusunan silabus maupun dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sebab silabus dan RPP merupakan kerangka inti dari KTSP. Dari hasil observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen yang berkaitan dengan penyusunan KTSP bidang studi SKI di wilayah KKM Tingkat MTs. Kabupaten Sigi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru SKI di wilayah KKM Tingkat MTs. Kabupaten Sigi dalam penyusunan KTSP adalah baik, sebab: Pertama, mampu merealisasikan enam dari tujuh indikator kompetensi dalam penyusunan silabus, meliputi; memahami Standar Kompetensi Kompetensi Dasar (SKKD), mampu menentukan materi standar sesuai SKKD, mampu menentukan kegiatan pembelajaran, mampu merumuskan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran, mampu menentukan bentuk penilaian, mampu mengalokasikan waktu. Kedua, mampu merealisasikan empat dari enam indikator dalam penyusunan RPP, meliputi; mampu menentukan materi berdasarkan indikator dalam silabus, mampu menentukan strategi dan metode pembelajaran, mampu megembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan metode pembelajaran, mampu menjabarkan teknik evaluasi. date: 2011-06-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga thesis_type: masters thesis_name: other citation: Alam Sriyanto, NIM. 09.226.087 (2011) KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6947/3/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKAa.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6947/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf