%0 Thesis %9 Masters %A Imtiyaz Amani, NIM.:22208012053 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2024 %F digilib:69480 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kesadaran Halal, Citra Merek, Norma subjektif, Makanan Halal, Keputusan Pembelian. %P 181 %T DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN HALAL SECARA ONLINE PADA E-COMMERCE GENERASI Z DI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69480/ %X Studi ni tentang Keputusan pembelian makanan halal oleh Generasi Z dipengaruhi oleh pentingnya makanan halal dalam Islam. Di Indonesia, mayoritas penduduknya adalah Muslim. Dengan berkembangnya e-commerce, Generasi Z semakin tertarik membeli makanan halal secara online melalui platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan pembelian makanan halal pada e-commerce. Penlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan menggunakan data primer. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada Generasi Z yang berumur 17-27 Tahun di Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Data yang diperolah dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan menggunakan bantuan Software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran halal, citra merek dan norma subjektif berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. Disisi lain, untuk pengujian model moderasi yaitu hanya norma subjektif yang memperkuat Keputusan pembelian, sedangkan kesadaran halal dan citra merek tidak memperkuat Keputusan pembelian makanan halal secara online pada e-commerce Generasi Z di Yogyakarta. %Z Dr. Ruspita Rani Pertiwi. S.Psi, M.M