eprintid: 69489 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/94/89 datestamp: 2025-01-20 04:34:09 lastmod: 2025-01-20 04:34:09 status_changed: 2025-01-20 04:34:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Lutfi Amatulah, NIM.: 17101020095 title: MADRASAH NAHDLATUL WATHAN DINIYAH ISLAMIYAH DI LOMBOK (1937-1953) ispublished: pub subjects: 297.6 divisions: jur_spi full_text_status: restricted keywords: Madrasah, Pendidikan, Nahdlatul Wathan note: Prof. Dr. Muhammad Wildan, M.A. abstract: Pendidikan Islam di Lombok mempunyai sejarah yang panjang. Keberadaan Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah sejak abad (NWDI) ke-19 merupakan buktinya. Pendidikan Islam di Lombok terus mengalami perkembangan hingga abad ke-20, termasuk Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah. Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah merupakan bukti dari berkembangnya pendidikan Islam di Lombok ke arah yang lebih modern. Madrasah tersebut merupakan madrasah pertama yang memperkenalkan sistem pendidikan Islam secara formal di Lombok. Madrasah tersebut merupakan embrio dari seluruh cabang Madrasah Nahdlatul Wathan di Lombok. Penelitian ini akan mengkaji tentang sejarah perkembangan Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah, strategi madrasah tersebut agar tetap bertahan di tengah arus pendidikan Barat yang diselenggarakan pemerintah kolonial Belanda di Lombok. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi untuk melihat aspek sosial dari Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah dalam memajukan pendidikan Islam di Lombok dan strateginya dalam menghadapi pendidikan Belanda di Lombok. Sedangkan teori yang digunakan sebagai alat analisis dalam penelitian ini adalah teori challenge and response dari Arnold J. Toynbee. Teori tersebut relevan untuk menguraikan tujuan berdirinya Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah untuk memberikan respons terhadap pendidikan Belanda di Lombok. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah Madrasah NWDI sebagai bukti berkembangnya pendidikan Islam di Lombok. Perkembangan dan strategi Madrasah NWDI pada masa kolonial Belanda telah cukup berhasil meredam pengaruh pendidikan Belanda di Lombok. Menentang diskriminasi dalam pendidikan berdasarkan status sosial dan ekonomi, menghilangkan pengaruh asosiasi yang membawa paham sekuler Barat dan upaya kristenisasi, semangat umat Islam di Lombok untuk lepas dari pengaruh kolonial Belanda. Penguatan spiritual dan solidaritas menggunakan Hizb Nahdlatul Wathan yang disusun oleh pimpinan madrasah kepada para santri dan guru Madrasah NWDI. Pembentukan Organisasi Nahdlatul Wathan sebagai lembaga pengelola Madrasah NWDI dan seluruh cabang-cabangnya. Syair karya pendiri Nahdlatul Wathan sebagai inspirasi gerakan pendidikan Islam Madrasah Nahdlatul Wathan di Lombok. date: 2024-01-11 date_type: published pages: 108 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lutfi Amatulah, NIM.: 17101020095 (2024) MADRASAH NAHDLATUL WATHAN DINIYAH ISLAMIYAH DI LOMBOK (1937-1953). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69489/1/17101020095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69489/2/17101020095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf